UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TPA TAMBUSAI

Authors

  • Dedi Ahmadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2173

Keywords:

motorik kasar, permainan tradisional, lompat tali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motoric kasar anak melalui permainan tradisional lompat tali di TPA Tambusai. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan, yaitu untuk menganalisis pada proses peningkatan perkembangan motorik halus anak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya perkembangan peserta didik yang mana pada pra siklus penelitian diketahui peserta didik yang mencapai standar penilaian berkembang sangat baik hanya mencapai 1 peserta didik atau 7% saja dari keseluruhan peserta didik yang berjumlah 15 peserta didik. Kemudian pada siklus I pertemuan ke-1 peserta didik yang memiliki kemampuan motorik kasar sangat baik bertambah menjadi 2 peserta didik atau 13%, dan pada pertemuan ke-2 peserta didik bertambah lagi menjadi 3 peerta didik atau 20%, dan pada pertemuan ke-3 tidak bertambah masih dengan hasil yang sama 20%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 anak yang memiliki kemampuan motorik kasar sangat baik mencapai 5 pe- serta didik atau 33%. Pada pertemuan ke-2 peserta didik yang mencapai BSB sebanyak 10 peerta didik atau 67%, dan pada pertemuan ke-3 peserta didik yang memiliki kemampuan motorik kasar sangat baik mencapai 12 peserta didik atau 80%. Jumlah tersebut telah mencapai standar penilaian yang telah di tentukan yaitu BSB sebanyak 80%.

References

Achroni, Keen. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Jogjakarta: Javalitera.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem PendidikanNasional No.20. Jakarta: Mini Jaya Abadi.

Fad, Aisyah. 2014. Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Niaga Swadaya.

Fadlillah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Hasanah, Uswatun. 2016. “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Diniâ€. Dalam Jurnal, Institut Agama Islam Negeri (IAIN): Metro, Vol.5/Juni.

Kurniati, Euis. 2017. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Nanda, Hanik. Yulianti. 2017. “Implementasi Permainan Tradisional Sunda Manda Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan Langka Pura Bandar Lampungâ€. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung.

Rudiyanto, Ahmad. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Pres Lampung.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjiono, 2010. Anas Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suyadi, Dahlia. 2015. Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syamsidah. 2015. 100 Permainan PAUD & TK di Luar Kelas. Yogjakarta: Diva Kids.

Syamsu Yusuf , Nani M. Sugandhi. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tukiran Taniredja, Irma Pujiati. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Pengembangan Profesi Guru: Praktis dan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Published

2021-09-05