PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAYDI KELAS VII 1 MTsN 11 AGAM

Authors

  • Sri Hayati MTsN 11 AGAM

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.2119

Keywords:

hasil belajar, model cooperative learning tipe two stay two stray

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Straydi Kelas VII 1 MTsN 11 Agam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII 1 MTsN 11 Agam yang berjumlah 32 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I adalah 85,7 % (baik) meningkat menjadi 92,9% (sangat baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siswa pada siklus I adalah 76,56% (baik) meningkat menjadi 92,19% (sangat baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa siswa pada siklus I adalah 73,31% (cukup) meningkat menjadi 92,18% (sangat baik) pada siklus II. aktivitas belajar siswa pada siklus I 53,90 % meningkat menjadi 82,02 % pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,77 meningkat menjadi 81,99 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Straydapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS TERPADU di Kelas VII 1 MTsN 11 Agam.

References

Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Utama

Isjoni. 2010. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jumanta, Hamyama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Marcelina, S., Melindawati, S., & Putera, R. F. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas IV SD Negeri 05 Alang Rambah Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 30-51.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B.. 2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi

Downloads

Published

2021-09-16