PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BATUANG ANGKO

Authors

  • Adrita Adrita Taman Kanak-kanak Kuncup Mawar Balai Gurah Ampek Angkek Sumatera barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.2044

Keywords:

Batuang Angko, Permainan Tradisional, Berhitung

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional batuang angko anak Kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian di TK Kuncup Mawar menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang dilaksanakan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan berupa analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Pada pelaksanaan pra-tindakan dilakukan untuk mengukur kemampuan berhitung anak diperoleh persentase sebesar 53.3%. Kemudian siklus I terjadi peningkatan sebesar 65.45% dan pada siklus II dilaksanakannya tindakan diperoleh peningkatan sebesar 85.84%. Dari hasil yang didapat terlihat permainan tradisional batuang angko mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Dalam aspek anak mampu menyebutkan lambang bilangan 1-20, anak mampu membilang, anak mampu mengenal lambang bilangan, dan anak mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.

References

Keen Achroni. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradi-sional. Jogjakarta: Javalitera

Dieleman, Hans dan Huisingh, Don. Permainan untuk belajar dan mengajar tentang pembangunan berkelanjutan: mengeksplorasi relevansi permainan dan pembelajaran berdasarkan pengalaman untuk keberlanjutan. Journal of Cleaner Production. Vol. 14, hlm. 837-847, 2006.

Dodge, D.T. 2002. The creative curriculum for preschool. USA: Teaching Strategies.

The Department of Education and Skills wishes to thank the schools below for permission to use photographs: Schull Community College, Colla Road, Schull, Co. CorkWhitechurch National School, Whitechurch Road, Dublin 16

Smith, S.S. 2009. Early childhood mathematics. USA: Person Education

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Skwarchuk, Sheri-Lynn, et.al. Kegiatan belajar di rumah secara formal dan informal dalam kaitannya dengan perkembangan usia dini anak berhitung dan keterampilan melek huruf: Pengembangan model berhitung rumah. Journal of Experimental Child Psychology. Vol. 121, hlm. 63-84, 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 Tahun 2014. Jakarta: Direktorat PAUD.

Fadlillah. 2017. Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana

Fahyuni, Eni Fariyatul & Istikomah. 2016. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Kuraesin, Iis. 2013. Usia Pra Sekolah Melalui Kartu Angka di Taman Kanak-Kanak TK Ketilang Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Universitas Terbuka: Tasikmalaya.

Kurniati, E. 2016. Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Latif Mukhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini.

Kencana. LN, Y. S. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Rosdakarya.

Lapono, N, et.al. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Ozdogan,E. 2011. Play, Mathematic and mathematical play in early childhood education. Procedia- Sosial and Behavioral Science Sciences, 15, 3118-3120. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.256

Downloads

Published

2020-03-05