PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP: SEBUAH TANTANGAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Mulyadi Mulyadi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1793

Keywords:

Pembelajaran daring, siswa, SMP

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemik perlu disikapi oleh para guru dan orang tua. Hal ini memerlukan adaptasi dan waktu, sehingga siswa dapat melaksanakan pembelajaran lebih baik. Pembelajaran bahasa Inggris yang perlu latihan dan pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola pembelajaran daring bahasa Inggris, baik kendala maupun tantangan yang dihadapi guru serta para siswa untuk belajar dirumah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengambilan data dengan angket dan wawancara terstruktur dan non terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa, guru dan orang tua murid perlu berkolaborasi agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik. Pola pembelajaran dikelas dan dirumah mengalami perubahan. Pada kemampuan menulis , siswa perlu dilatih dengan baik dan terus menerus agar pengembangan menulis siswa berkembang. Pada kemampuan membaca siswa sebaiknya mempunyai target. Pada kemampuan struktur siswa cenderung menghapal pola kalimat. Sedangkan pada pembelajaran kosa kata siswa lebih antusias agar dibarengi dengan gambar. Kata Kunci: Pembelajaran daring, siswa, SMP

References

Fredricksen, D. E. (2004). A study of the on -line learning strategy predictors

of motivation, as well as the difference between in -class and on -line learning strategy and motivation scores, among students enrolled in undergraduate courses at dallas baptist university (Order No. 3121289). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global: The Humanities and Social Sciences Collection. (305099492). Retrieved from https://e-resources.perpusnas.go.id:2131/dissertations-theses/study-on-line-learning-strategy-predictors/docview/305099492/se-2?accountid=25704

Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative

Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 266-268). Atlantis Press.

Ratna, N.K. (2008). Teori, metode, dan teknik peneltian satra. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Susanti, S. (2019). Manfaat Teknologi Informasi dengan Belajar Bahasa

Inggris Lewat Video. SINDIMAS, 1(1), 86-90.

Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran

bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156.

Mulyadi, M., Nurani, S., & Frijuniarsi, N. (2020). The Assessment of

Students’ English Writing Skill at SMA Yaspen Tugu Ibu Depok. Scope: Journal of English Language Teaching, 5(1), 42-46.

Moleong, L. J (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Remaja Rosdakarya

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis

Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19

Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Susanto, H., Pramudiningtyas, R., & Mukhrianto, M. (2014). Optimalisasi

Perancangan Video Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 216-228.

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “English

communicative†guna mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Downloads

Published

2021-06-25