Model Pembelajaran Protection Landing Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Muatan IPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17255Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA. Upaya untuk mengatasi masalah ialah menerapkan model pembelajaran Protection Landing melalui Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 4 kali pertemuan di kelas VA SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru dengan objek penelitian sebanyak 25 siswa serta bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif serta hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, dokumentasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performa guru terus meningkat di setiap pertemuan yang diikuti oleh aktivitas siswa terus meningkat pula di setiap pertemuan. Selain itu, keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa di semua aspek terus meningkat di setiap pertemuan. Sehubungan dengan hasil dari penelitian dapat di simpulkan bahwa kegiatan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Protection Landing mampu meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-09-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nadya Febrina, Ahmad Suriansyah, Ratna Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).