PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TITL SMKN 1 MAUMERE

Authors

  • Sabinus Clemens Mboa SMKN 1 Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1658

Keywords:

Model Discovery Learning, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Maumere tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Maumere yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan data yang diperoleh pada PTK siklus I siswa yang tuntas 18 siswa secara klasikal (71,43%) dalam kategori cukup. Pada siklus II yang tuntas 23 orang siswa (85,71%) secara klasikal dalam kategori baik. Perubahan dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 14,28% secara klasikal. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Maumere

References

Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari

Bhuana Murni

Aswar, Saifuddin.1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cekdin, cekmas dan Taufik Barlian.2013. Rangkaian Listrik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi

Erick Julian Molle. 2013. Apa itu Kurikulum 2013. Tersedia pada http://www.gubuginformasi. com/2014/04/apa-itu-kurikulum-2013.html. (di akses pada hari Kamis, 11 Desember 2014. Jam 11.15 WITA)

Hamzah dan B. Uno. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamiyah, Nur dan Muhamad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Hindiarno dan Noer Boedi Harnowo. 2007. Listrik Di Rumahku. Jakarta : Pakar Raya Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi

Presindo Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:

PT. Indeks

Kokasih, E. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP. Jakarta : Kata Pena

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014.. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Edisi 2. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sarimun, Wahyudi N. 2011. Buku Saku Pelayanan Teknik. Depok : Garamond

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Penerbit ALFABETA

Supartini,Weni. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar No. 5 Sukasada Tahun Pelajaran 2009/2010. (tidak diterbitkan)

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA

Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Yuniar, Tanti. (Tidak Ada Tahun Terbit). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penerbit : Agung Media Mulia

----------2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir Program Sarjana dan Diploma 3

Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja : Undiksha

Downloads

Published

2021-04-27