PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1440Keywords:
matematika, hasil belajar, google classroomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peresentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 44% atau 16 siswa, meningkat 25% pada siklus I menjadi 69% atau 25. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 25% menjadi 94% atau 34 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika dikelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere tahun 2020/2021.References
Ardiansyah, M. 2016. “Pengaruh Metode Partisipatori Terhadap Hasil
Belajar Matematika.†Jurnal SAP 1(1), 61-69.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Auliyana, Siti. 2015. “Penerapan Google Classroom Sebagai Media Pembelejaran pada Pelajaran Kimia SMK Negeri 2 Temanggung.†Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.
Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon : SMA Negeri 1 Losari.
Iqomuddin, Yazid. 2013. “Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Disekolah Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII SMPN 2 Cepu Tahun Ajaran 2012/2013â€. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Izenstark, Amanda and Katie L. Leahy. 2015. “Google Classroom for Librarians : Features and Opportunities.†Library Hi Tech News 32 (9):1-3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.
Kayatun, Sri. 2014. “Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar.†Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomer 4, April 2014.
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365-379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x
Mustari, M.,Irianto. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Energi Panas dan Energi Bunyi melalui Model Learning Cycle (LC) 7E. Antologi UPI Edisi No. Juni 2016
Rozak Dan Azkia M. Albantani. 2018. “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom .†Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5(1), 83-102.
Sari, Denis Purnama. 2013. “Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Turen Pada Pokok Bahasan Turunan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT). Jurnal Jurusan MIPA Universitas Negeri Malang
Sembiring, Rosali Br dan Mukhtar. 2013. “Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar.†Jurnal Teknologi Pendidikan 6(1), 214-229.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Albina Evarista Longa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).