PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI DI TK KASIH IBU PADANG TARAP KAMPAR UTARA

Authors

  • Reny Masitha Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iska Noviardila Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yolanda Pahrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1402

Keywords:

Kemampuan Motorik, Kegiatan Lompat Tali, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa melalui kegiatan Lompat Tali Kelompok A di TK Kasih Ibu Padang Tarap pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok A. Teknik pengumpulan data yaitu observasi (checklist). Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen motorik kasar dapat ditingkatkan menggunakan kegiatan lompat tali. Peningkatan komponen motorik kasar dapat dilihat pada saat sebelum tindakan diperoleh 14,28% atau 2 anak dari 14 anak pada kriteria baik, pada Siklus I diperoleh 71% atau 10 anak dari 14 anak pada kriteria baik, dan Siklus II diperoleh 93% atau 13 anak dari 14 anak pada kriteria baik. Anak dapat melakukan gerakan melompat dengan tolakan kuat sehingga mendarat dengan baik.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fauziddin. (2017). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita, dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iska Noviardila. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa (PBAS) dan Konvensional serta Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Motorik Siswa SDN Dayun Kampung Teluk Merbau. Jurnal Basicedu.

Kadek Aris Rahmadani. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal Universitas Negeri Jakarta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Kependidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor137 tahun 2013 Tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Kependidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Morisson. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Indeks.

Reni Novitasari. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Bermain Media Hulahoop. Jurnal Ilmiah Potensi.

Sujiono, dkk. (2014). Metode Pengembangan Motorik Kasar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Triharso. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Uswatun Hasanah. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik melalui Permainan Tradisional. Jurnal STAIN.

Downloads

Published

2021-03-14