EFL Teachers’ Motives to Participate in Professional Online Workshops

Authors

  • Putri Agren Wahyuni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sri Kusuma Ningsih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12802

Abstract

Program pengembangan keprofesian guru online terus meningkat seiring dengan kebutuhan pendidik dan sekolah untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kualitasnya. Program-program tersebut dianggap sebagai cara yang lebih efektif, mudah diakses, dan murah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, partisipasi dalam program pengembangan profesional online dipercaya bergantung pada motivasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki motivasi/alasan guru EFL untuk berpartisipasi dalam lokakarya online profesional untuk pengembangan diri guru. Survei digunakan dalam penelitian ini, dimana kuesioner online diberikan kepada guru EFL di Indonesia dengan total 124 guru EFL yang mengisinya, namun hanya 103 guru EFL yang memenuhi kriteria. Pengumpulan data menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis data kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa guru EFL termotivasi untuk berpartisipasi dalam lokakarya profesional online untuk profesionalisme mereka dan karena mereka termotivasi oleh peraturan yang teridentifikasi bahwa motivasi guru terkait dengan tugas guru dan karir guru masa depan bahwa lokakarya profesional online penting untuk profesionalisme guru, untuk meningkatkan kualitas guru, mencapai tujuan pengajaran, dan penting untuk meningkatkan keberhasilan akademik siswa. Ini dapat dianggap sebagai motivasi positif. Penelitian ini juga menyertakan implikasi dan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Published

2023-03-10