Identifikasi Materi Ajar IPS Berbasis Kearifan Lokal pada Museum Kota Juang Propinsi Aceh

Authors

  • Rahmi Novalita Universitas Almuslim
  • Alvi Syahril B Universitas Almuslim
  • Munzilin Munzilin Universitas Almuslim
  • Mona Carvina Universitas Almuslim
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12784

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pengetahuan siswa tentang materi ajar IPS berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi materi ajar IPS berbasis kearifan lokal pada Mesium Kota Juang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah key informan yaitu pengelola Yayasan Mesium Kota Juang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian meliputi; reduksi data, display data. dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Kota Juang memiliki potensi sebagai pusat edukasi materi ajar IPS berbasis kearifan lokal. Kehadiran museum Kota Juang sebagai pusat informasi dan edukasi mata pelajaran IPS seperti rumah tradisional Aceh, Miniatur Monumen Radio Rimba Raya, Miniatur Tugu Perjuangan Krueng Pandjoe, Miniatur nama pejuang yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda, dan Miniatur Tugu Kota Juang.

Downloads

Published

2023-03-09