ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SOAL CERITA MATEMATIKA DALAM MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 019 TANJUNG SAWIT

Authors

  • Maulidiyah Dwi Aqsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Adityawarman Hidayat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1249

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan pemahaman konsep soal cerita matematika dalam materi perkalian pada siswa kelas III di SD Negeri 019 Tanjung sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan tes tertulis sebagai instrumen yang digunakan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah hasil dari jawaban siswa terhadap instrumen tes pemahaman konsep soal cerita matematika, kemudian dianalisis dengan cara mwnghitung jumlah total skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa memahami konsep soal cerita matematika sebesar 73% yaitu dapat dikategorikan tinggi. Indikator yang memiliki nilai persentasi terendah adalah indikator yang sulit dikerjakan atau dipahami oleh siswa adalah 60% yaitu siswa kurang mampu memahami soal cerita dengan baik. Sebenarnya, siswa bukan tidak mampu mengerjakan soal perkalian tetapi siswa kurang memahami langkah-langkah yang tepat pada saat mengerjakan soal cerita matematika.

References

Anderson dan Krathwohl. (2001). A Taxonomy Of Learning, Teaching, And Assessing. United states: Addison Wesley Longman, Inc. (Diakses 5 Maret 2020).

Arikunto, Suharsmi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gusniawati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMA N di Kecamatan Kebon Jeruk. (Online) jurnal Formatif. Vol-5 (1) 26-41. (Diakses 6 Maret 2020)

Hasanah, I. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. (Online). Skripsi. Tersedia:https://ejournal.unib.ac.id. Vol-2 N0(Diakses 2 September 2020)

Kilpatrict, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press. (Diakses 6 Maret 2020).

Nasution, S, M, A, Drs, Prof. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara. Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakara.

Sudjana dan Nana. (2009). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sumarmo, U. (2002). Alternative Pengajaran Matematika Dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Pada Seminar Tingkat Nasional FPMIPA IKIP Bandung. Tidak diterbitkan.

Winkel W. S. (2000). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakrta: Gramedia.

Downloads

Published

2020-12-14