MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN BOWLING ARITMATIKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A TK AN- NUR UJUNG PADANG KAMPAR UTARA

Authors

  • Putri Rahayu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yusnira Yusnira Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1227

Keywords:

Bermain Bowling Aritmatika, Perkembangan Kognitif

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif di TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4–5 tahun TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki–laki dan 7 orang anak perempuan. Secara umum perkembangan kognitif belum berkembang. Sesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yang artinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudah berkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %. Sedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dan II sebesar 48,8% dan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 97,8%.

References

Apriani,A(2010).Penerapan Permainan Bowling Adaptif dalam Meningkatkan Bilangan 1-10 padaAnak TK. Bandung: B Prima Bakti.

Aqib,dkk. (2018). Teoridan Aplikasi Penelitian Tindakan kelas.

Yogyakarta:Deepublish

ArikuntoSuharsimi,dkk. (2010).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pt. Bumi Aksara

Arsyad. (2016). Media Pembelajara. Jakarta : PT. Raja grafindo Persada Djamarah. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fatimah Ibda. (2013). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget.Vol 3 no 1

Hartati, S. (2015). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Kusumah, dkk.(2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Margono,s.(2010).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT.RinekaCipta

Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Bandung : PT. Remaja

Rosdalarya Nurani. (2012). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : PT iIndeks

Pratiwi , Wiwik.(2010). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini

Rahmani,Milkanda.(2014). Buku Super Lengkap Olaraga.Jakarta: DuniaCerdas

Satrock J.W.(2011). Perkembangan Anak .Jakarta: PT Gelora

Aksara Pratama Sriningsih, N. (2017). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung : Pustaka Sebelas

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumarni.S. (2012).Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: InsanMadani

Sujiono,YulianiNuraini. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Susanto.A.(2011).PerkembanganAnakUsiaDiniPengantardalamberbagaiAspek.

Jakarta : KencanaPrenada Group

Trianto.(2010). Desain Pengembangan Tematikbagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak kelas awal SD/MI. Jakarta : KencanaPrenada Media Group

Trihaso,Agung.(2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2020-09-30