PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP

Authors

  • Sri Sanita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1224

Keywords:

Karangan Deskripsi, Metode Field Trip, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode field trip. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi. Metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Agustus 2020. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi menulis karangan deskripsi kelas IV SD Tahfizh Qudwatuna, pada siklus I dan siklus II menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan rata-rata siswa 67,1. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 73,7. Pada siklus II rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 80,1. Dari hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode field trip

References

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2012, 0-216.

Burhan Nurgiyantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Fadhilaturrahmi, F. (2017a). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118. https://doi.org/10/17509/EH.V912.7078

Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Marta, R. (2018). Penerapan Model Kooperatif tipe Nominal Group untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 82.

Poerwanti, Endang dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistiowati.(2008). Skripsi: Model Pembelajaran Menulis Karangan dengan Metode Karya Wisata. Bandung: Universitas Bale Bandung.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Titik Maryuni. (2007). Ayo Berlatih Mengarang. Surakarta: CV. Mediatama.

Downloads

Published

2020-09-30