A Discourse Analysis of Teacher's Speech in Teaching Activities at SMP Negeri 5 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12224Abstract
Peneliti melakukan penelitian ini melalui metode kualitatif dengan seorang guru bahasa Inggris di SMP Negeri 5 Pematangsiantar yang menjadi topik penelitian dan bertujuan untuk menganalisis (1) tuturan bahasa Inggris guru dalam kegiatan pengajaran (2) penyusunan kosa kata yang diterapkan. Data ditemukan dari observasi di kelas VIII dan wawancara guru. Hasil temuan adalah banyak masalah yang terkandung dalam pidato bahasa Inggris guru dalam kegiatan mengajar di SMP Negeri 5 Pematangsiantar antara lain; (1) penggunaan pidato bahasa Inggris guru sesuai dengan rencana pelajaran. Yang meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, kegiatan penutup; (2) guru menggunakan tuturan bahasa Inggris kemudian bahasa Indonesia karena bahasa Inggris siswa adalah (3) kosa kata yang biasa digunakan oleh guru yang membantu menghidupkan suasana dan menciptakan suasana santai dalam pembelajaran, sehingga tuturan bahasa Inggris guru akan lebih mudah untuk dipahami oleh siswa.Downloads
Published
2023-02-10
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).