PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nelpita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1209

Keywords:

Membaca Permulaan, Metode Struktur Analisis Sintesis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca permulaan. Metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan September hingga Oktober 2020. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik pengumpuan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi membaca permulaan kelas II SDN 016 Kemang Indah pada siklus I dan siklus II menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan rata-rata siswa 59,0. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 66,8. Pada siklus II rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 7,14. Dari hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur analisis sintesis (SAS) dikatakan meningkat.

References

Abdurrahman, M.(2002).Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, Mochamad.(2011). Ilmu Kebidanan. Jakarta:PT Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Darwadi.(2002).Langkah-Langkah Keterampilan Proses. Jakarta:Gramedia.

Fadhilaturrahmi, F. (2017a). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118. https://doi.org/10/17509/EH.V912.7078

Marta, R. (2018). Penerapan Model Kooperatif tipe Nominal Group untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 82.

Sanjaya,Wina.(2009).Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan.Prenada:Jakarta.

Solchan,T.W., dkk.(2010).Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono.(2007).Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Susanto, A.,(2011).Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta:Bumi Aksara.

Zuriah, Nurul.(2007). Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan Mengagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual Dan Futuristik . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-09-30