MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI BERMAIN MEDIA PENJEPIT BAJU PADA ANAK KB ADZKYAH BANGKINANG KOTA SECARA BDR

Authors

  • Nurhalimah Nurhalimah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1163

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Mengenal Warna, Metode Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui bermain media penjepit baju pada anak KB Adzkyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 13 anak KB Adzkyah yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Hasil observasi pada pratindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan ada 2 orang atau 15,38%. Pada siklus I meningkat menjadi 3 orang anak atau 23,07%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8 orang anak atau 61,53%.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fauziddin. (2017). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita, dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Kependidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor137 tahun 2013 Tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Kependidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Morisson. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, dkk. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suryana. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Triharso. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Parlina. (2017), Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Warna Melalui Bermain Penjepit Baju Pada Anak Kelompok A PAUD Al-Hasanah Jambi. Tersedia dalam http://repository.fkip.unja.ac.id/search/detil/Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Warna Melalui Bermain Penjepit Baju Pada Anak Kelompok A PAUD Al-Hasanah Jambi.html [diakses 17 Maret 2020]

Downloads

Published

2020-11-26