An Analysis of Students’ Difficulties in Writing Analytical Exposition Text in MAN 1 Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10600Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa kelas II MAN 1 Pasaman Barat yang berfokus pada kelas XI IPA 1 secara tertulis. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diambil dari siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Pasaman Barat yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis dan wawancara. Dalam tes menulis, siswa diminta untuk menulis teks eksposisi analitis dengan memilih topik yang telah ditentukan oleh peneliti. Kemudian, dalam wawancara, peneliti memilih 10 siswa dan seorang guru bahasa Inggris yang akan diwawancarai dengan 10 pertanyaan untuk mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks eksposisi analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan tata bahasa merupakan aspek yang paling banyak menyebabkan kesulitan siswa dalam menulis. Kemudian dilanjutkan dengan penataan teks, ejaan kata yang benar dan diakhiri dengan tanda baca. Temuan lainnya adalah tentang penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks eksposisi analitis. Peneliti menemukan bahwa linguistik adalah penyebab terbesar kesulitan siswa dalam menulis eksposisi analitis. Kemudian, dilanjutkan dengan kesulitan psikologis dan kesulitan kognitif.Downloads
Published
2022-12-24
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).