PENINGKATAN KEWASPADAAN BENCANA ASAP DI KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK

Authors

  • Amir Syamsuadi Universitas Abdurrab
  • Diki Arisandi Universitas Abdurrab
  • Tengku Fahrul Gafar Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab
  • Seri Hartati Universitas Abdurrab
  • M. Fajar Anugerah Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.701

Keywords:

Peningkatan, Kewaspadaan, Bencana, Asap

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Adapun materi yang disampaikan adalah model pencegahan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berbasis sistem informasi dan penguatan kebijakan mengenai kebencanaan. Kegiatan ini berguna bagi masyarakat dan stakeholder terkait mengenai pentingnya meminimalisir bencana asap dan Potensi kebakaran hutan dan lahan. Aspek sistem Informasi yang disampaikan yakni melakukan deteksi asap dengan menggunakan alat pendeteksi asap dan aspek kebijakan yakni mengarahkan kembali masyarakat untuk mematuhi aturan terkait seperti peraturan desa, peraturan daerah dan undang-undang mengenai kebencanaan. Adapun dampak yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana asap di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

Author Biographies

Amir Syamsuadi, Universitas Abdurrab

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Diki Arisandi, Universitas Abdurrab

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Tengku Fahrul Gafar, Universitas Abdurrab

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Liza Trisnawati, Universitas Abdurrab

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Seri Hartati, Universitas Abdurrab

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

M. Fajar Anugerah, Universitas Abdurrab

Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Daoudi, M. (2000). Pembinaan Dan Pengendalian Kawasan Hutan Di Provinsi Riau. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Harahap, D.K., Yoza, D., Oktorini, Y. (2017). Strategi Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Berdasarkan Persepsi Masyarakat Di Desa Dayun Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau (JOM FAPERTA UNRI), 4(1), 1–11.

Hartati, S., Syamsuadi, A., & Elvitaria, L. (2020). Tranformasi Manajemen Universitas menggunakan Framework Cobit 5 di Era Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1), 163–174.

Kompas.com. (2020). https://regional.kompas.com/. Diambil dari https://regional.kompas.com/read/2020/01/02/13151131/awal-2020-karhutla-di-riau-hanguskan-1-hektar-lahan-gambut diakses tanggal 15 januari 2020

Prayitno, J., Prisha, R., & Herlina, S. (2011). Formulasi konsorsium mikroba asal pertambangan minyak Siak Riau yang efektif dalam mendegradasi senyawa hidrokarbon. Jurnal Teknologi Lingkungan, 12(2), 123–130.

Syamsuadi, A. (2018). Membangun Demokrasi Pemerintahan di Riau Dalam Perspektif Budaya Melayu. Jurnal Dinamika Pemerintahan, 1(1), 1–10.

Downloads

How to Cite

Syamsuadi, A., Arisandi, D., Gafar, T. F., Trisnawati, L., Hartati, S., & Anugerah, M. F. (2020). PENINGKATAN KEWASPADAAN BENCANA ASAP DI KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48–51. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.701