PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TEKNIK NON TES BAGI GURU MAN 4 KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.516Keywords:
Instrumen Penilaian, Teknik Non TesAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di MAN 4 Kampar. Adapun materi yang diberikan adalah pengembangan instrumen penilaian teknik non tes bagi guru yang ada di MAN 4 Kampar. Pelatihan ini berguna bagi para guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa pada aspek non kognitif. Aspek non kognitif tersebut berupa sikap, minat, motivasi, rasa ingin tahu, tingkat kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Aspek non kognitif tersebut secara tidak langsung memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap munculnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari aspek tersebut guru bisa mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh siswa dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasinya. Adapun dampak yang diperoleh guru dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru-guru mengenai penilaian melalui tenik non tes.References
Basrowi, S. (2018). Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Bandung: Karya Putra Darwati.
Kumara, A. (1990). Hubungan antara motivasi berprestasi dan kecemasan dengan prestasi belajar para mahasiswa fakultas psikologi UGM Tahun ajaran 1989/1990. Laporan hasil penelitian.
Karen, N.A & Bruce, D.F. (2010). Affective learning: A taxonomy for teaching social work valuesâ€, Journal of Social Work Values and Ethics. Volume 7 Number 2.