PENGARUH HARGA TIKET DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA EVENT SAMOSIR MUSIC INTERNATIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i5.51332Keywords:
Harga Tiket, Promosi, Keputusan Berkunjung, Samosir Music InternationalAbstract
Festival Samosir Music International (SMI) merupakan event tahunan yang sejak 2023 menerapkan sistem tiket berbayar dan mengandalkan Instagram sebagai media promosi utama. Perubahan kebijakan ini diiringi fluktuasi jumlah pengunjung, sehingga perlu diteliti pengaruh harga tiket dan promosi terhadap keputusan berkunjung. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode purposive sampling dengan responden yang telah hadir minimal dua kali dalam dua tahun terakhir. Hasil analisis regresi menunjukkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,578. Artinya, variabel harga tiket dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi 57,8% keputusan berkunjung. Sisanya, 42,2%, dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian seperti fasilitas, lokasi, dan lineup artis. Simpulan penelitian menegaskan bahwa harga tiket dan promosi memiliki dampak yang signifikan, sehingga manajemen festival perlu mempertimbangkan kedua aspek ini secara strategis untuk mendukung pertumbuhan SMI sebagai daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif daerah.References
Beslar, R. V., Lapian, J., & Samadi, R. (2022). Pengaruh harga dan promosi pada keputusan berkunjung wisatawan di Taman Laut Bunaken. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba
Fauzy, F. P., & Maranisya, U. (2024). Pengaruh harga tiket dan motivasi dalam keputusan berkunjung di event Raisa Live In Concert. Journal of Student Research, 2(2), 174–177.
Gulo, E. K., & Tambunan, S. R. (2025). Pengaruh harga tiket dan citra event terhadap keputusan berkunjung pada event F1 Powerboat di Danau Toba. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 3838–3846. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Juriah, Elvina, & Asnora, F. H. (2025). Pengaruh digital marketing, persepsi konsumen, store atmosphere dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Roxy Coffee, Rantauprapat. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(3), 1574–1586.
Karmila, S. M., Lestari, S. P., & Risana, D. (2023). Pengaruh promosi dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian (Survei pada konsumen Prianka. Gallery Tasikmalaya). Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(3), 254–267.
Khadafi, A., & Berutu, E. P. (2024). Pengaruh harga tiket dan promosi terhadap keputusan berkunjung di event Deliland Festival 2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 6273–6289. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/14238
Samsul, B. (2024). Pengaruh fasilitas dan promosi terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung pada Event Motogp Lombok 2022 [Disertasi doktor, UIN Mataram]. Repositori Institusi UIN Mataram.
Wicaksono, S. Y., & Mashariono. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian tiki di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2977
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis penelitian kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widia Fraliska Simarmata, Rismawati Situmorang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










