SEMINAR PARENTING: PENGEMBANGAN LITERASI ANAK USIA DINI PADA MASYARAKAT PESISIR DI PULAU UNTUNG JAWA KEPULAUAN SERIBU JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i4.48893Keywords:
Literasi Anak Usia Dini, Parenting, Masyarakat Pesisir, Pulau Untung JawaAbstract
Permasalahan rendahnya literasi anak usia dini di wilayah pesisir menjadi perhatian serius, khususnya di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta. Minimnya akses terhadap bahan bacaan, kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan literasi, serta terbatasnya fasilitas pendidikan menjadi faktor penghambat utama. Kegiatan seminar parenting ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas orang tua dalam mendampingi proses pengembangan literasi anak sejak usia dini. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui seminar interaktif dan diskusi kelompok terarah (FGD) yang melibatkan 30 orang tua dari masyarakat pesisir. Materi meliputi pentingnya stimulasi literasi di rumah, teknik bercerita, serta pemanfaatan sumber daya lokal sebagai media belajar. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua mengenai peran mereka dalam mendukung literasi anak, ditandai dengan perubahan sikap dan komitmen untuk menyediakan waktu khusus membaca bersama anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa intervensi berbasis pemberdayaan orang tua efektif dalam meningkatkan literasi anak usia dini di wilayah pesisir.References
Dewi, S. R., & Masitoh, M. R. (2023). Peningkatan Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurrohman Kota Serang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(5), 1511–1518. https://doi.org/10.54082/jamsi.942
Dirgantara, P., & Mahestu, G. (2021). Mendorong Literasi Lingkungan Berbasis Komunitas Melalui Lokakarya Terpadu di Jawa Barat. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2a), 27–29.
Fitrian, A., & Hidayat, R. (2024). Analisis Swot Rapor Pendidikan Tentang Literasi Di Sd Swasta Keagamaan. Research and Development Journal of Education, 10(1), 303–312.
Hapidin, H., Gunarti, W., & Pujianti, Y. (2025). PELATIHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN LITERASI STEAM PADA KURIKULUM MERDEKA DI KEPULAUAN SERIBU. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 7(1), 80–88.
Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pondasi pembentukan karakter dalam era revolusi 4.0 dan society 5.0: Teknik dan keberlanjutan pendidikan karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2).
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini Melalui Kerjasama Keluarga Dan Sekolah Di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476
Mulasih, M. (2022). Literasi Keluarga: Strategi Menumbuhkan Kebiasaan Tanggungjawab Membaca Kepada Anak. Lingua Rima Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 22. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5783
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan metode pengembangan literasi anak usia dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343.
Paramansyah, A. (2025). Pengembangan literasi anak usia dini (H. N. Afifah (Ed.)). Eureka Media Aksara.
Pujianti, Y. (2019). PROGRAM PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS ANAK USIA DINI SESUAI KURIKULUM BERBASIS BERMAIN PADA PENDIDIK PAUD KELURAHAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Prosiding Pengabdian, 1(1), 1–7.
Pujianti, Y., Suharti, S., Wijaya, P. K., & Mustofa, E. (2024). Pemberdayaan anak usia dini melalui bermain sains dalam mengembangkan kemampuan saintifik di SPS Bunga Mawar. Abdimas Dewantara, 7(2).
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Triyana, & Diana, R. R. (2021). Implementasi Program Pengembangan Literasi Bagi AUD Di Komunitas Sekolah Literasi Wadas Kelir. Jurnal Pelita Paud, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1357
Wahyuni, M. P. N., & Darsinah, D. (2023). Strategi pengembangan literasi baca tulis (praliterasi) untuk menunjang pengetahuan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3604–3617.
Yulianti, Y., & Sidik, U. (2024). Strategi Pembelajaran Literasi Emergen pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 235–244.
Yusri, D., Alam, A. P., Pane, M. Z. A., Rizki, M., & Anggara, A. (2025). Optimalisasi rumah baca untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Pesisir Desa Kwala Gebang. Fusion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arman Paramansyah, Yuli Pujianti, Purwani K Wijaya, Mardianah Mardianah, Ria Puji Ariyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










