EDUKASI BULLYING VERBAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH DI RW 01 KELURAHAN PALAS KOTA PEKANBARU

Authors

  • Anisa Yulvi Azni Universitas Riau
  • Nur Aulia Universitas Riau
  • Nadilla Nadilla Universitas Riau
  • Nurul Annisya Universitas Riau
  • Muhammad Evan Adipa Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48732

Keywords:

Bullying Verbal, Edukasi Anak, Kegiatan Sosial, Kesehatan Mental, Pencegahan Kekerasan

Abstract

Bullying verbal sering terjadi di lingkungan sekolah dan meskipun tidak meninggalkan luka fisik, dampaknya terhadap kondisi psikologis anak bisa sangat serius. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Masjid RW 01, Kelurahan Palas, Kota Pekanbaru, dengan tujuan membantu anak-anak memahami apa itu bullying verbal, bagaimana bentuknya, dampaknya, dan cara menghadapinya. Sebanyak 27 anak usia sekolah mengikuti kegiatan ini yang dikemas secara interaktif melalui penyuluhan, pemutaran video, dan diskusi ringan. Sebelum dan sesudah kegiatan, anak-anak mengisi kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman mereka. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan yang cukup besar, mulai dari pengertian bullying, contoh perilaku, dampak psikologisnya, hingga cara merespons jika melihat kejadian bullying. Edukasi seperti ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya bersikap saling menghargai dan menolak segala bentuk kekerasan verbal. Harapannya, kegiatan serupa bisa terus dilakukan secara rutin di berbagai komunitas untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi anak-anak.

References

Defriyanto, D., Dermawan, O., & Wibowo, M. E. (2024). The Impact of Bullying on the Mental Health of Students: A Systematic Literature Review. (2025). International Seminar Of Islamic Counseling And Education Series, 1(1), 14-21. https://isices.uin-suska.ac.id/index.php/ISICES/article/view/10

Fitriah, F., Murti, B., & Tamtomo, D. G. (2021). The Effect of Bullying on Depression in Adolescents: A Meta- Analysis. Journal of Health Promotion and Behavior, 6(2), 112–121. Retrieved from https://thejhpb.com/index.php/thejhpb/article/view/316

Herliana, N. A., & Oktaviarini, N. (2023). Analisis verbal bullying siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 1 Bangunjaya. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.746

KPAI. (2020). Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah- warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Man X, Liu J, Xue Z. Effects of Bullying Forms on Adolescent Mental Health and Protective Factors: A Global Cross- Regional Research Based on 65 Countries. Int J Environ Res Public Health. 2022 Feb 18;19(4):2374. doi: 10.3390/ijerph19042374. PMID: 35206559; PMCID: PMC8874992.

Murtana, A., Agustina, N. W., Pamungkas, A. T., & Kusumaningrum, P. R. (2024). Pengaruh verbal bullying terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 12(2). https://doi.org/10.26714/jkj.12.2.2024.335-344

Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal bullying siswa sekolah dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060

Santos, P. S., Evangelista, M. E., Brancher, G. P., et al. (2023). Pathways between verbal bullying and oral conditions among school children. European Archives of Paediatric Dentistry, 24, 499–505. https://doi.org/10.1007/s40368- 023-00818-x

Sari, I. Y., Prawesti, I., & Permatasari, P. F. (2023). Peer Education Improves Coping and Self Efficacy in Facing Bullying in Adolescents. Academia Open, 8(2), 10.21070/acopen.8.2023.7199. https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.7199

Syafaat, B. J., Asrina, A., & Patimah, S. (2024). Pengaruh Media Edukasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Dampak Bullying Pada Kesehatan Mental Di MAN 1 Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 5(6), 942–954. https://doi.org/10.33096/woph.v5i6.2145

Umara, T. W. S., Damawanti, E. N., & Arwansyah, Y. B. (2020). Dampak verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegan Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7077

UNICEF Indonesia. (2020). Laporan tahunan UNICEF Indonesia 2020. https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/laporan-tahunan-2020

UNICEF Indonesia. (2021). Bullying in Indonesia: Key Facts, Solution, and Recommendations. https://www.unicef.org/indonesia/media/5606/file/Bullying.in.Indonesia.pdf

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Azni, A. Y., Aulia, N., Nadilla, N., Annisya, N., & Adipa, M. E. (2025). EDUKASI BULLYING VERBAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH DI RW 01 KELURAHAN PALAS KOTA PEKANBARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4898–4902. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.48732

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.