PENERAPAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III SDN SUKOLILO SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45946Keywords:
Disiplin, Siswa-Siswi, Token Ekonomi, Modifikasi PerilakuAbstract
Kedisiplinan memiliki peran penting dalam pendidikan dan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Di SD Negeri Sukolilo 250 Surabaya, ditemukan masalah rendahnya kedisiplinan siswa kelas III, terutama dalam hal ketepatan waktu, banyaknya siswa terlambat masuk kelas hingga mengganggu efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknik modifikasi perilaku menggunakan sistem token ekonomi yang telah terbukti efektif dalam memotivasi perubahan perilaku. Dalam program ini, siswa yang datang tepat waktu diberikan stempel sebagai penghargaan yang dapat ditukarkan dengan hadiah, seperti alat tulis dan es krim. Program yang melibatkan 28 siswa kelas III ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan mereka dalam ketepatan waktu dan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari persiapan hingga evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan yang signifikan dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, penulis, dan lembaga pendidikan.References
Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Mulyasa. D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rohmaniah, N., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2016). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 4(2).
Zaroh, S. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dalam Mengurangi Kecenderungan Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X Akutansi 4 SMK Dr. Soetomo Surabaya. 4 (3), 444-454.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marta Dila Wulandari Fitriani, Ivana Rebecca, Salsabila Nurfatin, Aditya Surya Senatria, Izzatun Nihayah, Dessy Nur Utami, Dimas Riztiardhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










