PENERAPAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III SDN SUKOLILO SURABAYA

Authors

  • Marta Dila Wulandari Fitriani Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Ivana Rebecca Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Salsabila Nurfatin Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Aditya Surya Senatria Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Izzatun Nihayah Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Dessy Nur Utami Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Dimas Riztiardhana Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45946

Keywords:

Disiplin, Siswa-Siswi, Token Ekonomi, Modifikasi Perilaku

Abstract

Kedisiplinan memiliki peran penting dalam pendidikan dan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Di SD Negeri Sukolilo 250 Surabaya, ditemukan masalah rendahnya kedisiplinan siswa kelas III, terutama dalam hal ketepatan waktu, banyaknya siswa terlambat masuk kelas hingga mengganggu efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknik modifikasi perilaku menggunakan sistem token ekonomi yang telah terbukti efektif dalam memotivasi perubahan perilaku. Dalam program ini, siswa yang datang tepat waktu diberikan stempel sebagai penghargaan yang dapat ditukarkan dengan hadiah, seperti alat tulis dan es krim. Program yang melibatkan 28 siswa kelas III ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan mereka dalam ketepatan waktu dan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari persiapan hingga evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan yang signifikan dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa, penulis, dan lembaga pendidikan.

References

Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Mulyasa. D. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohmaniah, N., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2016). Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 4(2).

Zaroh, S. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dalam Mengurangi Kecenderungan Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X Akutansi 4 SMK Dr. Soetomo Surabaya. 4 (3), 444-454.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Fitriani, M. D. W., Rebecca, I., Nurfatin, S., Senatria, A. S., Nihayah, I., Utami, D. N., & Riztiardhana, D. (2025). PENERAPAN TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III SDN SUKOLILO SURABAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4605–4609. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45946

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.