PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBASIS PENELITIAN KUANTITATIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45738Keywords:
Artikel Ilmiah, Publikasi, Metodologi Kuantitatif.Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Terindeks Scopus Berbasis Penelitian Kuantitatif bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal internasional, khususnya yang terindeks Scopus. Topik ini dipilih karena banyak peneliti, terutama di kalangan akademisi Indonesia, yang mengalami kesulitan dalam mempublikasikan penelitian mereka di jurnal internasional yang bereputasi. Selain itu, pemahaman yang tepat tentang metodologi kuantitatif dan cara penulisan artikel ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal internasional sering kali kurang dimiliki oleh peneliti muda. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan daring melalui platform Zoom yang melibatkan 32 peserta dari berbagai latar belakang akademis. Pelatihan ini mencakup materi tentang struktur artikel ilmiah, penyusunan metodologi kuantitatif, serta cara memilih jurnal yang tepat untuk publikasi. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang penyusunan artikel ilmiah dan kemampuan mereka dalam memilih jurnal yang sesuai. Selain itu, pelatihan ini berhasil meningkatkan motivasi peserta untuk mempublikasikan artikel ilmiah mereka di jurnal internasional. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah dan memberikan dampak positif bagi pengembangan karir akademik peserta.References
Agul, K., Srinarwati, D. R., & Suhartono, S. (2022). Peran Nilai Persaudaraan Dalam Tradisi Kumpul Kope Terhadap Pelaksanaan Perkawinan Di Manggarai Desa Terong Kecamatan Satarmese. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 19–29.
Arifianto, T., Syafii, M., Febrian, W. D., Sani, I., Wajnah, W., & Nainggolan, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI MENDELEY. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 121–128.
Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., Yasa, I. W. P., Ahmad, R., & Purnawibawa, G. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah terindeks sinta untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di SMP Stap N 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 1357.
Budiwan, J., & Suswandari, M. (2021). Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 9–19.
Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME MAHASISWA DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI DI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9.
Nugrahanti, T. P., Qurtubi, A. N., Nazmi, R., Husnita, L., & Zahruddin, A. (2023). Pelatihan Pencarian Referensi Penelitian di Jurnal Index Scopus dan Pengenalan Mendeley Desktop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 585–591.
Rahim, A., Malik, A., Hastuti, D. R. D., Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Subandowo, M., & Srinarwati, D. R. (2022). Flashcard-Based Augmented Reality To Increase Students’ Scientific Literacy. KnE Social Sciences, 192–201.
Siagian, T., Istifa, M. A. K., Wiliyanti, V., Rukiyanto, B. A., Ladjin, N., & Wijaya, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI SPSS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4246–4251.
Srinarwati, D. R. (2015). Women as imagery consumer (Clothes and cosmetics as the phenomena of cultural perspective of postmodernism). Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 351–361.
Srinarwati, D. R. (2018). The Disclosure of Life Experience and Its Expression in Cultural Studies Perspective. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(2), 125–141.
Srinarwati, D. R. (2022). Proses simulasi-simulakra-hiperealitas dalam majelis taklim jn Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 503–515.
Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Lestari, B. B., Saputra, A. W., Almaulana, A. W., & Anugraheni, M. T. I. M. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161–167.
Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Ulfa, N. S., & Andriayani, N. B. (2022). Optimalisasi Power Point Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 185–189.
Suyono, S., Zaman, A. Q., Srinarwati, D. R., Suhari, S., Putri, N. A. F., & Alawiyah, K. (2023). Pelatihan Penyusunan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru SMA PKN Se-Kota Surabaya. Manggali, 3(1), 65–73.
Wahyuli, Y. H., Sari, D. N. F., & Haryani, D. (2022). Pelatihan Training Of Trainer (Tot) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1652–1658.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nelli Roza, Dina Mayadiana Suwarma, Didi Sudrajat, Ramson Rikson Maruwahal Sijabat, Indra Cahaya Tresna, Tono Wartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










