PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN SOFT SKILLS DAN MANAJEMEN KINERJA DI UMKM

Authors

  • PA Andiena Nindya Putri ITB STIKOM Bali
  • Anita Lestari Politeknik Teknokrat Internasional Kolaka
  • Muhammad Nur Afiat Universitas Halu Oleo
  • Dora Amelya Politeknik LP3I
  • Winda Amelia Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45736

Keywords:

Kompetensi; Soft Skills; UMKM

Abstract

Keterbatasan kemampuan SDM di sektor UMKM tidak hanya berkaitan dengan aspek teknis atau hard skills, tetapi juga pada aspek non-teknis atau soft skills yang mencakup komunikasi interpersonal, kerja tim, kepemimpinan, manajemen waktu, dan adaptabilitas. Tujuan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Soft Skills dan Manajemen Kinerja di UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan literature review atau tinjauan pustaka. Pendekatan ini dilakukan untuk merumuskan desain pelatihan yang berbasis bukti (evidence-based), dengan merujuk pada berbagai sumber ilmiah dan praktik terbaik (best practices) yang relevan dalam pengembangan soft skills dan sistem manajemen kinerja untuk pelaku UMKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan soft skills dan manajemen kinerja telah berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM dan karyawan di wilayah.

References

Aguinis, H. (2019). Performance Management (4th ed.). Chicago Business Press

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). Transformasi UMKM Menuju Indonesia Emas 2045. Retrieved from https://kemenkopukm.go.id

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2024). Laporan Tahunan Transformasi UMKM.

Laker, D. R., & Powell, J. L. (2011). The Differences Between Hard and Soft Skills and Their Relative Impact on Training Transfer. Human Resource Development Quarterly, 22(1), 111–122.

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465.

Aguinis, H. (2019). Performance Management (4th ed.). Chicago Business Press.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2024). Laporan Tahunan Transformasi UMKM.

Laker, D. R., & Powell, J. L. (2011). The Differences Between Hard and Soft Skills and Their Relative Impact on Training Transfer. Human Resource Development Quarterly, 22(1), 111–122.

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465.

Siregar, M., & Nurdin, I. (2021). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia UMKM Melalui Pelatihan Soft Skills. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 88–96.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Putri, P. A. N., Lestari, A., Afiat, M. N., Amelya, D., & Amelia, W. (2025). PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PELATIHAN SOFT SKILLS DAN MANAJEMEN KINERJA DI UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 4092–4095. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i3.45736

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.