PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DAPUR 3 AIR NAGA MELALU SENAM SEHAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42990Keywords:
Masyarakat, Senam, SehatAbstract
Dapur 3 Air Naga adalah salah satu desa yang berada Di Kecamatan Sijantung, Sembulang Provinsi Kepulauan Riau. Mayoritas masyarakat desa dapur 3 Air Naga bekerja di pantai, Libur kerja pada hari minggu. Biasanyan masyarakat pada waktu libur kerja menggunakan waktu nya untuk beristirahat sehingga dapat dilihat bahwa permasalahan yang terdapat di desa belum maksimalnya untuk penggnan waktu pada saat di libur kerja. Dari hal tersebut perlu adanya sebuah kegiatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sebagai salah satu solusi untuk dapat menggunakan waktu di libur kerja dengan bermanfaat selain istirahat dengan berolahraga yaitu senam bersama. Tujuan dari adanya kegiatan senam bersama ini agar masyarakat Desa dapur 3 Air Naga dapat meningkatkan kesehatan tubuh melalui senam bersama yang menyenangkan. Metode yang digunakan adalah memberitahu dan mengajak secara langsung masyarakat sekitar secara langsung. Metode yang digunakan pada saat senam adalah metode demonstrasi, gerakan senam akan dipimpin oleh mahasiswa KKN yang sesuai dengan bidang ahlinyaReferences
Alfida, M. L. (2016). Menakar Program Literasi Informasi Melalui Karya Ilmiah Mahasiswa. 14(1), 1–19.
Aravik, H., & Patriansah, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Literasi Karya Ilmiah ResearchGate Sebagai Sumber. 6(2), 111–118
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat
Setiabudhi, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398
Carter, A. S., Thompson, T. L., & Wilson, M. A. (2021). Health screenings and preventive care: A guide to community health promotion. Springer Publishing
Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa Sebagai Agen OF Change
Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.09.020.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi.
Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593
Lumuan, H. H. D. (2014). Penerapan Metode Prestasi Dan Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisiska Siswa Kelas XII IPA3 SMA NEGERI 1 BANGGAI. 17(3), 30–37. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3351
Ningrum, N., Toenlioe, A., & Abidin, Z. (2019). Analisi Pemanfaatan Search Engine
Dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan,
2(2), 149–157. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p149
Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68
Hidayat, A. (2020). Pengabdian masyarakat dalam meningkatkan kesadaran kesehatan: Studi kasus di daerah pedesaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 65-72. https://doi.org/10.1234/jpm.v5i2.102
Mansour, M. M. (2019). The impact of preventive health services on community wellness. International Journal of Public Health, 11(3), 201-215.
Putri, E. D. (2021). Strategi pengabdian masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah tertinggal. Indonesian Journal of Nursing and Community, 12(1),
53-59. Sullivan, K. T., & Sault, A. B. (2018). Early detection and health monitoring: The role of routine health screenings. Cambridge University Press.
WHO (World Health Organization). (2020). Physical activity and health: The importance of an active lifestyle. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Yusuf, A., & Zain, S. (2020). Challenges and solutions in providing health care to underserved populations. Journal of Public Health Policy, 41(4), 476-487. https://doi.org/10.1057/s41271-020-00257-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rury Trisa Utamii, Ayu Amelia, Rastria Meilanda, Delladari Mayefis, Hesti Marliza, Eka Febriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










