PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE MAHASISWA ANGKATAN 2021 FEB UNISMUH MAKASSAR

Authors

  • Nur Hayany Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Moh. Aris Pasigai Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nasrullah Nasrullah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42788

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iphone pada mahasiswa angkatan 2021 FEB Unismuh  Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 96 responden, yang dipilih menggunakan rumus Lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan studi dokumentasi. Sumber data mencakup data primer dan sekunder. Metode  analisis  data  yang  diterapkan  meliputi  uji  validitas,  uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis. Hasil kuesioner diolah menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 30. Hasil analisis menujukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) melalui uji t diperoleh nilai t hitung 3,100 > t tabel 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,003, variabel citra merek diperoleh 1,790 < t tabel 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,077 dan variabel gaya hidup 3,983 > t tabel 1,986 dengan tingkat signifikansi 0,001. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian,sedangkan citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian

References

Annisah Shinta and Hariadi Hadisuwarno (2023) ‘Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarrlet’, J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), pp. 53–67. Available at: https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.1853.

Basith, A. and Fadhilah, F. (2019) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi’, Jurnal Manajemen dan Organisasi, 9(3), pp. 192–203. Available at: https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224.

Damayanti, A., Arifin, R. and Rahmawati (2023) ‘Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061’, Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), pp. 510–518.

Dheo, Z.B. and Pradiani, T. (2023) ‘Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi’, 7(2), pp. 177–190.

Emt, T., Alkemega, S. and Ramadhan, M.F. (2023) ‘Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone ( Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung )’, 7(2), pp. 462–472.

Fatya, A.C., Ramadhanti, D.U. and Gunaningrat, R. (2024) ‘Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Skintific”’, SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 2(1), pp. 265–282.

Febrianty, E., Pudjoprastyono, H. and Ariescy, R.R. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone’:, Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), pp. 2870–2881. Available at: https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227.

Jannah, S.A. and Hayuningtias, K.A. (2024) ‘Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan’, 7(1), pp. 489–500.

Jessie Aurelia, I.G.B.Y.W. (2022) ‘Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek terhadap keputusan pembelian iphone di kota surabaya’, 7.

Jodi, A.S., Masfuah, S. and Bakhruddin, A. (2023) ‘Analisis Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sdn 4 Puyoh’, Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), pp. 59–68. Available at: https://doi.org/10.33366/ilg.v6i1.4946.

Kaharuddin, E.K., Haeruddin, , Muh. Ikhwan Maulana and Muh. Ichwan Musa (2023) ‘Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar’, DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(1), pp. 163–171. Available at: https://doi.org/10.31850/decision.v4i1.2151

Khairat, N. and Widaningsih, S. (2024) ‘Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Implementation Of The 4P Marketing Mix at Astiga Leather in 2024’, Jurnal Ilmiah ekonomi dan Bisnis, 17(2), pp. 142–151

Khairunnisa, C.M. (2022) ‘Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper’, JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(1), p. 98. Available at: https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109.

Krisna Maulana Pratama, I.A.S.B. (2024) ‘Issn : 3025-9495’, 6(10).

Kusumawati, N.V. (2024) ‘Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Masyarakat Kota Surakarta’, 2(2), pp. 176–187.

Putra, I.G.L.P. and Sinarwati, N.K. (2023) ‘Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha’, Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(2), pp. 717–726. Available at: https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877.

Rohmah, Z. and Sukaris, S. (2024) ‘Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Wardah kosmetik’, Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 7(1), pp. 37–48. Available at: https://doi.org/10.36407/jmsab.v7i1.1164.

Sa’idah, F. and Fitrayati, D. (2022) ‘Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Paedagogy, 9(3), p. 467. Available at: https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5288.

Seran, R.B., Sundari, E. and Fadhila, M. (2023) ‘Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen’, Jurnal Mirai Management, 8(1), pp. 206–211. Available at: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644.

Shiffa Rizky Aulia and Krisna Mutiara Wati (2024) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 4(2), pp. 84–96. Available at: https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1610.

Siregar, M.A. dan and Saragih, N.M. (2023) ‘Pengaruh Gaya Hidup , Harga , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone merek Iphone ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan )’, 1(1), pp. 392–401.

Wicaksono, R.A., Octavia, A.N. and Aprianto, M.S. (2023) ‘Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang’, Solusi, 21(1), p. 10. Available at: https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6064.

Wolff, M. et al. (2021) ‘MILENIAL DI KECAMATAN TAHUNA THE EFFECT OF LIFESTYLE , PRICE , AND BRAND IMAGE ON THE DECISION TO PURCHASE IPHONE BRAND SMARTPHONE ON MILLENIAL WOMEN IN TAHUNA DISTRICT Jurnal EMBA Vol . 10 No . 1 Januari 2021 , Hal . 1671-1681’, 10(1), pp. 1671–1681.

Yanti, I. and Idayanti, D. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju’, Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), pp. 1–13

Yohana Walangitan, B., Dotulong, L.O. and Poluan, J.G. (2022) ‘Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado)’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(4), pp. 511–521

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Rahman, N. H., Pasigai, M. A., & Nasrullah, N. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE MAHASISWA ANGKATAN 2021 FEB UNISMUH MAKASSAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 1979–1990. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.42788

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.