PENDAMPINGAN STRATEGI BISNIS: PENGEMBANGAN PRODUK HANDYCRAFT MAYGIFT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40939Keywords:
Pengembangan Produk, Pemasaran Digital, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bekasi, khususnya dalam pengembangan produk handycraft melalui strategi bisnis yang efektif. Melalui metode analisis situasi, pelatihan, dan pendampingan, kami mengidentifikasi permasalahan utama yang dihadapi mitra, seperti keterbatasan akses ke teknologi modern, kurangnya pengetahuan manajerial, dan tantangan dalam pemasaran digital. Pelatihan yang diberikan mencakup penggunaan teknologi dalam pemasaran, pengembangan produk, dan manajemen usaha. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam mengelola bisnis mereka, serta kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Kabupaten Bekasi.References
Haerani, R., Farida, R. D. M., Fitriani, H., Amaliah, A., Kurniati, D., & Ansor, A. S. (2024). PENDAMPINGAN PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM OPTIMALISASI BISNIS UMKM KOTA CILEGON. Minda Baharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 58–69. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/view/6185
Harisandi, P., Yahya, A., Mulyanto, H., Bangsa, U. P., & Barat, J. (2024). Pendampingan UMKM dalam pembuatan NIB dan pemgembangan strategi bisnis yang berkelanjutan di Kec. Purwadadi Kab. subang. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.56457/dinamika.v2i2.646 Dipublikasikan:
Hidayah, Z. Z., Soleha, E., Hariroh, R., Syahwildan, M., & Isarianto, I. (2023). Pendampingan Dan Konsultasi Manajemen Bisnis Dan Keuangan UMKM Dengan Digitalisasi Industry 4. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nisantara (JMmN), 2(4), 156–163.
Hidayat, T., Wulandari, A., Mulyanto, H., Bastanta, A. R., & Muhsoni, R. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM melalui Analisis SWOT dan NIB. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.31334/jks.v7i1.3798
Ikbal, M. (2020). Pemkab Bekasi Dorong UMKM Naik Kelas. Bekasikab.Go.Id. https://www.bekasikab.go.id/pemkab-bekasi-dorong-umkm-naik-kelas
Nurjanah, R., Andriyani, M., Kosim, M., Nurastuti, P., Istiqomah, A., & Bangsa, U. P. (2024). Pengenalan Investasi di Pasar Modal Pada Pelaku UMKM Cikarang Pusat. 7, 34–40.
Ridwan, I. (2024). Caly Beta Sukses Handycraft Bag Terima Penghargaan PJ Bupati Bekasi Sebagai UMKM Kemitraan Terbaik. Rakyatbicara.Id. https://www.rakyatbicara.id/umkm/caly-beta-sukses-handycraft-bag-terima-penghargaan-pj-bupati-bekasi-sebagai-umkm-kemitraan-terbaik/?form=MG0AV3
Utami, R. T., & Sambodja, E. (2024). STRATEGI SUKSES MEMBANGUN BISNIS ONLINE GENERASI MUDA UNTUK SISWA / I SMK KARYA NASIONAL DI KABUPATEN. Communnity Development Journal, 5(6), 10830–10836. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/37252/24134
Yahya, A., Hidayat, T., Saputera, D., Muhsoni, R., & Ramdani, C. (2024). Pendampingan Pembuatan Proposal Bisnis “Mak Enjoeh.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 6(2), 456–461. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/j.pdl.v6i2.37934
Yahya, A., Wulandari, S., Nurjanah, R., & Nugroho, A. T. (2021). Bimbingan Teknis Pembuatan Proposal Kredit Dan Laporan Keuangan Umkm Beken Kabupaten Bekasi. 200(October), 570–576.
Yuningsih, N., Asral, & Prasetyo Harisandi. (2023). Pemberdayaan Dan Pemasaran Produk Umkm Kab.Bekasi Melalui Bazar Umkm. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i1.39
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufik Hidayat, Adibah Yahya, Joni Heruwanto, Siti Maya Ningrum, Sifa Amalia Afifah, Sulistyani Sulistyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.