ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BOUQET DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UMKM HLN BOUQET JALAN LETDA SUJONO, PERCUT SEI TUAN, DELI SERDANG)

Authors

  • Putri Kemala Dewi Lubis Universitas Negeri Medan
  • Firman Saputra Universitas Negeri Medan
  • Laura Magdalena Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Maria Audina Rumapea Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40643

Keywords:

Analisis Kelayakan Usaha ,Strategi Pengembangan Usaha ,Aspek Pemasaran UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha dan strategi pengembangan UMKM HLN Bouqet di Jalan Letda Sujono, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, dengan fokus pada aspek pemasaran. Metode yang digunakan meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengevaluasi potensi pasar, strategi pemasaran, serta aspek finansial usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini memiliki peluang yang baik dengan permintaan bunga yang terus meningkat. Strategi pemasaran yang diusulkan mencakup pemanfaatan media sosial dan promosi langsung untuk meningkatkan visibilitas produk. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa HLN Bouqet layak untuk dikembangkan lebih lanjut dengan penerapan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan daya saing di pasar.

References

Surtawijaya, A. (2019). Studi Kelayakan Usaha Dan Business Plan Matabelo Bandung Florist (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Albab, F. U. (2023). Iluna Florist: Strategi Pengembangan Bisnis Jasa Pembuatan Buket Dried flower (Aspek Keuangan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Rohman, A. (2024). Analysis of Business Feasibility Study on Florist and Gift Liia Store Reviewed from Technical or Operational Aspects: Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Florist and Gift Liia Store Ditinjau dari Aspek Teknis atau Operasional. Al-Muhasabah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 79-93.

Al’Faturahmah, A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Jasa Pembuatan Buket Dried Flower (Aspek Pemasaran) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Rofa, I. T., Meilani, A. R., an Hasibu, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222-235.

Aliefah, A. N., & Nandasari, E. A. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(01), 40-56.

Puspita, D., Ervina, N., & Matwar, H. (2022). Analisis studi kelayakan bisnis terhadap usaha kerupuk Sari Rasa di Desa Deli Serdang ditinjau dari aspek produksi, aspek pemasaran dan aspek keuangan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(1), 160-171.

Damayanti, N. E., David, C., Anggae, E. M. R., Aisyah, N., Yunita, G., Juniarko, O., & Dahlia, P. (2024). Kelayakan Bisnis Percetakan Syailendra Kota Palangkaraya Ditinjau Dari Aspek Pemasaran.

Christine, M. Y. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Produk Umkm Uyah Pencok Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 9(1), 103-109.

Nurjanah, S. (2013). Studi kelayakan pengembangan bisnis pada PT Dagang Jaya Jakarta. The Winners, 14(1), 20-28.

Ariprabowo, Tri, et al. "MEMBANGUN EKONOMI MELALUI UMKM BUCKET UANG DAN JAJAN DENGAN POTENSI DI ERA DIGITAL DESA BALONGGARUT." DedikasiMU: Journal of Community Service 5.1 (2023): 15-22.

Sibuea, Muhammad Buhari, and Faiz Ahmad. "Kewirausahaan Bouquet Bunga Kota Medan Aspek Ekonomi dan Pemasarannya." Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. Vol. 2. No. 1. 2021.

Surtawijaya, A. (2019). Studi Kelayakan Usaha Dan Business Plan Matabelo Bandung Florist (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Hasim, H., Asnah, A., & Khoirunnisa, N. (2023). Analisis Kelayakan Usahatani Bunga Potong Hortensia di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu (Doctoral dissertation, Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Saputra, M. R. (2022). ANALISIS NON FINANSIAL DAN FINANSIAL USAHA BUNGA RANGKAIAN (FLORIST) PADA HAPPY FLOWER DI KOTA BANDAR LAMPUNG.

Septianto, I. C. (2021). Rencana Bisnis Pendirian Usaha Toko Bunga “Hana Florist” di Harapan Indah, Bekasi Barat/Ivan Christian Septianto/75170267/Pembimbing: Liaw Bun Fa.

Fahira, D. N., Agustina, E., & Qurhtuby, M. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 63-68.

Sarwom, J. Y., Mabel, W. F. A., Rahman, F., & Pabendan, Y. D. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN APLIKASI SIAPIK PADA PELAKU USAHA UMKM BOUQUET BUNGA DI KOTA JAYAPURA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 860-866.

Lestari, W. I. S., Artadi, M. W. B., Wafiroh, Z. N. M., & Febriansyah, F. I. (2023). Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lokal Buket Bunga Kering (Studi Kasus UMKM di Desa Sidorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo). Jurnal Abdimas Multidisiplin, 2(5), 26-33.

Adam, H. S. (2022). STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH BUKET BUNGA PRINCESS FLORIST PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi kasus pada UD. Princess Florist) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Lubis, P. K. D., Saputra, F., Tambunan, L. M., & Rumapea, M. A. (2025). ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BOUQET DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN (STUDI KASUS PADA UMKM HLN BOUQET JALAN LETDA SUJONO, PERCUT SEI TUAN, DELI SERDANG). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40643

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.