PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (BERBASIS MACROMEDIA FLASH)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40640Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, Bahasa InggrisAbstract
Bahasa adalah kemampuan manusia yang digunakan untuk berkomunikasi. Tanpa adanya bahasa, komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Bahasa sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik bahasa verbal maupun nonverbal. Dewasa ini untuk dapat berkomunikasi dengan orang dengan cakupan yang sangat luas dapat menggunakan bahasa internasional, yakni Bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dari segala penjuru dunia. Pemahaman dan penguasaan Bahasa Inggris pun sangat dibutuhkan untuk dapat berkomunikasi. Pengenalan Bahasa Inggris dasar juga diperlukan sejak usia dini untuk memberikan bekal pemahaman Bahasa Inggris di tingkat yang lebih tinggi. Tidak adanya ketertarikan anak-anak dalam menerima bahasa asing membuat Guru merasa kesulitan dalam memberikan pengetahuan Bahasa Inggris. Media pembelajaran Bahasa Inggris yang interaktif dan menarik sangat diperlukan bagi Guru untuk membantu proses belajar mengajar. Pemanfaatan teknologi dapat membantu menyelesaikan solusi dari permasalahan yang ada. Keterbatasan pemahaman dan pengetahuan akan teknologi menjadi kendala untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami Guru.References
Nazruddin Safaat H & Oktariani Sari, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kinect”, Jurnal CoreIT, Vol. 2, No. 1, Juni 2016.
Nuning Melianingsih, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dan Siswa Sekolah Dasar
Berbasis Macromedia Flash 8,” Politeknosains, Vol. XVII, No. 1, Maret 2018.
Rizqi Sukma Kharisma, dkk, “Perancangan Media Pembelajaran Berhitung Berbasis
Multimedia Flash”, Jurnal Ilmiah DASI Vol. 16 No. 02 Juni 2015, hlm 42-47
Tri Sekiningsih, dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Macromedia Flash Untuk Kompetensi Garnish Pada Boga Dasar Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 6 Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan
Afifah, N., & Karno, R. (2018). Pengembangan Media Berbasis Software Macromedia Flash pada Pembelajaran Biologi untuk Kelas XI SMA. Inovasi Pendidikan, 5(2), 127–133.
Amelia, R., Salamah, U., Abrar, M., Desnita, D., & Usmeldi, U. (2021). Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5(3), 491–500. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wida Rianti, M. Rizki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










