PELATIHAN DESAIN UI/UX MUNGGUNAKAM FIGMA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.40477Keywords:
UI/UX Design, Figma, Test Blocks, Digital skillsAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang dalam desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) melalui uji blok menggunakan perangkat lunak Figma. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya inovasi dan kreativitas dalam pembuatan produk digital berkualitas tinggi adalah tujuan tambahan dari pelatihan ini. Diharapkan bahwa pelatihan ini akan membantu sekolah dalam meningkatkan kemampuan siswa dan menghasilkan lulusan yang lebih siap untuk bekerja. SMK Muhammadiyah 1 Palembang memiliki tanggung jawab strategis untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di berbagai bidang, seperti teknologi informasi. Pelatihan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis yang semakin meningkat untuk karyawan yang memiliki keahlian teknologi digital, khususnya dalam desain UI/UX selanjutnya meningkatkan kesadaran akan pentingnya inovasi dan kreativitas dalam pembuatan produk digital berkualitas tinggi adalah tujuan tambahan dari pelatihan ini. Diharapkan bahwa pelatihan ini akan membantu sekolah dalam meningkatkan kemampuan siswa dan menghasilkan lulusan yang lebih siap untuk bekerja. Materi disampaikan secara teoritis, dan peserta dapat melakukan praktik secara mandiri. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep UI/UX dasar dan menggunakannya untuk membuat prototipe desain dengan Figma. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa memiliki keterampilan yang lebih baik dan memiliki kemampuan untuk bersaing di era digitalisasi.References
Adila, A., & Nadhifah, I. N. (2023). Pelatihan Keterampilan Desain UI/UX Dalam Pembuatan Prototype Aplikasi Bagi Karang Taruna Dan Taman Bacaan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4201–4206.
Aruna, J., & Armi, M. (2023). Jurnal Aruna Mengabdi ( Armi ). 1(1), 25–30.
Bramantio, D., Alwafi, A. S., Ramadhan, A. N., & Satrio, A. B. (2024). Pelatihan Dasar Desain UI / UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Desain Web Dan Aplikasi Mobile. 2(4), 382–386.
Chasanah, N. I., Meliala, R. J., Bintang, S., & Kuntari, W. (2024). Pembuatan Bisnis Ekstrakurikuler Desain UI / UX Berbasis Figma dengan Penerapan Business Model Canvas. 3(4), 114–129.
Figma, M., Anggota, K., & Aoklah, U. K. M. (2022). ISSN : 2745-8725 ISSN : 2745-8725. 3, 1–7.
Hairah, U., Nursukamto, M. H., & Ulhaqi, A. D. (2024). Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Merancang UI / UX Aplikasi Mobile Menggunakan Figma. 3(4), 59–65.
Harsel, A., Hadiya, R., Widyatmoko, K., & Mulyahartantya, N. (2024). Eksplorasi Desain UI / UX Digital Siswa Menggunakan Figma di SMAN 15 Semarang. 3(2), 46–57.
Heryanti, A. P., Ahmad, M. A., Hidayati, N. A., Safitri, R., Pradani, W., Haryadi, D., & Supriyanto, A. (2024). Pengenalan dan Pelatihan Figma untuk Pelajar SMA Al-Fityan Tangerang pada Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 3(1), 22. https://doi.org/10.36722/psn.v3i1.2466
Prahartiwi, L. I., Dari, W., Pujiastuti, E., & Yuningsih, Y. (2023). Pelatihan Design Ui/Ux Dalam Membangun Website Pada Rw.013 Cipinang Melayu Jakarta Timur. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 5(2), 57–63. https://doi.org/10.33480/abdimas.v5i2.4235
Putra, I. G. N. A. W., Churniawan, A. D., & Sutanto, T. (2023). Pelatihan Desain Pada Siswa Smk Ipiems Surabaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain UI/UX Aplikasi Mobile. Transformasi : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 86–95. http://journal.ummat.ac.id/index.php/transformasi/index
Ramadhani Mukhlis, I., Azi Laga, S., Suprianto, G., Hermansyah, D., Anang Karyawan, M., Suprianto, H., & Hayam Wuruk Perbanas Jl Wonorejo Utara, U. (2023). Pelatihan UI/UX Menggunakan Figma Untuk Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain Guru MGMP RPL SMK Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, III(1), 80–87. https://www.researchgate.net/profile/Iqbal-Mukhlis/publication/367165740_Pelatihan_UIUX_Menggunakan_Figma_Untuk_Meningkatkan_Kompetensi_Di_Bidang_Desain_Guru_MGMP_RPL_SMK_Provinsi_Jawa_Timur/links/63c4aeb2d9fb5967c2de0963/Pelatihan-UI-UX-Menggunakan-Figma
Satria, R. G., Lelitasari, A., Ilyasa, R., Effendi, N., Akbar, R., Qadssa, M., & Harahap, A. S. (2023). TRIAL CLASS UI / UX MAKE DESIGN WITH FIGMA SISWA SMK. 2(1), 6–11.
Zulvi, M. S., Qudsi, D. H., & Najwa, N. F. (n.d.). Workshop UI / UX untuk Peningkatan Keterampilan Web Desain Siswa / i SMKN 7 Pekanbaru Menggunakan FIGMA. 21–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didiek Prasetya, Heri Iswandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










