This is an outdated version published on 2022-05-27. Read the most recent version.

SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SMP NURUL AZMAN

Authors

  • Bambang Perkasa Alam Universitas Indraprasta PGRI
  • Ryan Hidayat Universitas Indraprasta PGRI
  • Fauzi Rahman Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4032

Keywords:

Media Pembelajaran Daring, Sekolah, Covid-19

Abstract

Saat ini  Indonesia  berada  di  masa Pandemic Covid-19 yang  membuat proses  pembelajaran  di seluruh sekolah melakukan secara  daring.  Pelaksanaan  pembelajaran  daring yang dilakukan oleh SPM Nurul Azam dinilai  tidak efektif  oleh  orang  tua  siswa  karena kurang  pahamnya  pengetahuan mengenai  teknologi  informasi  yang  dapat  menunjang  proses  belajar. Tujuan  adanya  kegiatan  adalah untuk membantu  siswa  dalam  adaptasi  teknologi  selama  pembelajaran  daringdengan  mengguna;kan aplikasi Zoom meeting, Google meet, dan Google Classroom.Metode pengabdian yang dilakukan adalah tiga  tahap,  yaitu  observasidan  perencanaan,  implementasikegiatan,  dan  refleksievaluasi.  Sasaran pengabdian  adalah  siswa-siswi  kelas  5-6  Sekolah  Dasar  di  Kelurahan  Sutojayansebanyak  15  siswa. Implementasi  kegiatan  dilakukan  dengan  cara  sosialisasi  penggunaan  aplikasi  yang  umum  digunakan selama  pembelajaran  daring,  seperti  Zoom  Meeting,  Google  Meet, dan Google  Classroom.Hasil  yang diperoleh adalah meningkatnyapengetahuan siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran daring.

References

Hidayat, R., Khotimah, K., & Sumarlam, S. (2021). Van Dijk’s critical discourse analysis in the Narasi Mata Najwa program and the community response to the face-to-face learning in Indonesian. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 166–177.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 1925–1930.

Labudasari, E., Rochmah, E., & Hastuti, S. S. (2022). Pendampingan Penyusunan Media Pembelajaran Daring Berbasis Digital Bagi KKG Gugus 3 Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 28(1), 9–15.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2022-05-27

Versions

How to Cite

Perkasa Alam, B., Hidayat, R. ., & Rahman, F. (2022). SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SMP NURUL AZMAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 486–491. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4032

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.