OPTIMALISASI PROGRAM BIORAMA MELALUI PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA BRANDING SEBAGAI PENGEMBANGAN PARIWISATA SEJARAH KOTA PURWOKERTO

Authors

  • Riri Irma Suryani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Adnan Setyoko Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Robert Hendra Yudianto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Revi Ardiansyah Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40182

Keywords:

Creative Placemaking, Lokal Market, Organik Market, Heritage

Abstract

BIORAMA merupakan program cipta ruang atau placemaking yang menghadirkan berbagai macam produk UMKM organik dan berbagai macam aktivitas kreatif. BIORAMA hadir untuk pertama kali sebagai alternatif solusi wisata sejarah kota Purwokerto yang dilaksanakan satu hari setiap dua kali dalam sebulan. BIORAMA lahir dengan konsep creative market, mini workshop, experience dan walking tour yang pelaksanaannya berlokasi di Gedung Karesidenan Bakorwil. Selain program creatif placemaking, BIORAMA juga mengembangkan program perancangan aset-aset bangunan bersejarah Purwokerto kedalam berbagai rancangan desain seperti desain sign system gedung-gedung bersejarah, perancangan animasi infografis gedung bersejarah dan guide map gedung bersejarah yang ada di Purwokerto. Dalam perancangan ruang kreatif BIORAMA menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis data 5W+1H (what, where, who, when, why and How) dalam pengolahan data observasi dan wawancara yang telah di dapatkan. Penelitian yang dilakukan dengan desain brand identity dan media promosi BIORAMA dalam rangka peningkatan pariwisata kota Purwokerto ini menggunakan metode kualitatif. BIORAMA hadir di Purwokerto sebagai wahana piknik alternatif untuk masyarakat Purwokerto yang merindukan tempat piknik tengah kota yang nyaman dan penuh keakraban dengan suasana bangunan gedung bersejarah di Purwokerto

References

Zitcer, A. (2018). Making Up Creative Placemaking. Journal of Planning Education and Research, January, 1–11. https://doi.org/10.1177/0739456X18773424

Habibullah, S., & Ekomadyo, A. S. (2021). Place-making pada Ruang Publik: Menelusuri Genius Loci pada Alun-Alun Kapuas Pontianak. Jurnal Pengembangan Kota, 9(1), 36– 49. https://doi.org/10.14710/jpk.9.1.36-49

Wahyuningrum, T., Pamungkas, G. P., & Ramadhan, G. (2022). Peken Banyumasan: Strategi Inovasi Kreatif pada Pemulihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Akibat Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dengan Tema Teknologi Pengolahan Dan Pengembangan Material Maju, 144–151.

Novitasari, L. N., Muqoffa, M., Mustaqimah, U., Arsitektur, P., Teknik, F., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2020). Identitas Banyumasan. Senthong, 3(1), 79–91.

Wicaksono, J. (2022). Identifikasi Elemen-elemen Visual Kota Lama Banyumas. Representasi, 1(2), 1–11.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Suryani, R. I., Setyoko, A., Yudianto, R. H., & Ardiansyah, R. (2024). OPTIMALISASI PROGRAM BIORAMA MELALUI PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA BRANDING SEBAGAI PENGEMBANGAN PARIWISATA SEJARAH KOTA PURWOKERTO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12492–12497. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.40182

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.