OPTIMALISASI PRODUK UMKM MELALUI APLIKASI B’PUNG LAPAK BERBASIS DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN SIKKA –NTT

Authors

  • Agustinus Lambertus Suban Universitas Nusa Nipa
  • Harry Janto Jepira Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Brekmans M Darkel Universitas Nusa Nipa
  • Maria Anace Getrudis Temalunu Universitas Nusa Nipa
  • Theodosia Wula Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39663

Keywords:

UMKM, E-Commerce, Produk, Aplikasi

Abstract

Universitas Nusa Nipa bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Sikka dalam pengembangan kerajinan tangan dan cendramata sejak tahun 2015. Asosiasi Pelaku UMKM Kabupaten Sikka (AKUSIKKA) dibentuk di bawah pengawasan KADIN Kabupaten Sikka sebagai lembaga yang bergerak dalam seni kerajinan tangan dan cendramata. Mereka memproduksi berbagai souvenir seperti topi, dompet, sarung, selendang, asesoris tenun, camilan, dan produk khas Flores. Produksi dilakukan oleh beberapa pengrajin skala kecil yang tergabung dalam lembaga ini. Galeri AKUSIKKA di Kecamatan Alok, Kota Maumere, merupakan pusat penjualan berbagai kerajinan tangan, seperti tenun ikat, selendang, gelang, dompet, tas, topi, dan kain tenun sarung. Namun, AKUSIKKA menghadapi keterbatasan dalam akses informasi dan pemasaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi e-Commerce untuk pemasaran produk UMKM mereka. Solusi yang diusulkan adalah aplikasi B'Pung Lapak, yang memungkinkan transaksi antara penjual dan pembeli, distribusi barang, dan komunikasi antar anggota komunitas. Aplikasi ini juga akan menyediakan informasi produk, layanan pembayaran, dan bantuan konsumen. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM AKUSIKKA dalam seni kerajinan tangan dan cendramata.

References

Apprilisda Ranica Putri, Devi Maria Saadah, Iis Nurkamillah, Silven Yonathan, Sucya Sri Yuliana, & Ricky Firmansyah. (2023). Peran E-commerce Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan UMKM Salaut Di Universitas Teknologi Digital. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 01–16. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.181

Fauza, N., Erningsih, E., Carolina, M., Wira Abhyasa Oeli, D., Martha Murni, E., Saragih, G., Harianja, K. M., Adam Sulistiowati, N., Wati, S. W., Prawira, N. N., & Sandra, C. U. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing di Masa New Normal. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 2(3), 115–122. https://doi.org/10.31258/cers.2.3.115-122

Indah Wahyu Putri, F., & Surianto, M. A. (2022). Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.501

Monde, A. (n.d.). IBW PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM PERTANIAN TERPADU DALAM MENDUKUNG KEMANDIRIAN DESA DI KECAMATAN SINIU KABUPATEN PARIGI MOUTONG.

Nadhiroh Islamiah, U., Wahyuning Laily, D., studi Agribisnis, P., Pertanian, F., & Timur, J. (2023). Socialization of Digital Marketing in Community Empowerment Efforts for Coffee MSME Players in Puspo Village. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 1(3), 127–131. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3

Nurjati, E. (n.d.). PERAN DAN TANTANGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA AKSELERASI MANAJEMEN RANTAI NILAI PRODUK PERTANIAN The Roles and Challenges of E-Commerce as an Acceleration Medium the Management Value Chain of Agricultural Products. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 105–115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.105-123

Sariguna, P., Kennedy, J., Intan, V., Kartika, D., & Tobing, S. J. L. (n.d.). DAMPAK FENOMENA E-COMMERCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN KOSMETIK DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2019 >>(Kosong 2 Spasi tunggal, 12 pt).

Sifa, M., & Ramadhani, D. (2021). Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang (Vol. 2, Issue 1).

Wening, N. (2020). PRODUCT INNOVATION STRATEGY IN MEDIATING THE EFFECT OF ETHICAL BEHAVIOUR AND ETHICAL RESPONSIBILITY AND TRUST ON MARKETING PERFORMANCE. In Humanities, Education and Social Sciences (Vol. 2, Issue 1).

Yazid Bustomi, M., Rohaeni, N., Aryanto, D., Tinggi Pertanian Kutai Timur JlSoekarno-Hatta, S., Utara, S., Timur, K., Timur, K., & Artikel, I. (n.d.). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Digital Terhadap Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Kutai Timur. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Downloads

Published

2024-12-19

How to Cite

Suban, A. L. ., Jepira, H. J. ., Darkel, Y. B. M. ., Temalunu, M. A. G. ., & Wula, T. . (2024). OPTIMALISASI PRODUK UMKM MELALUI APLIKASI B’PUNG LAPAK BERBASIS DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN SIKKA –NTT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12215–12220. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39663

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.