OPTIMALISASI PRODUK UMKM MELALUI APLIKASI B’PUNG LAPAK BERBASIS DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI KABUPATEN SIKKA –NTT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39663Keywords:
UMKM, E-Commerce, Produk, AplikasiAbstract
Universitas Nusa Nipa bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Sikka dalam pengembangan kerajinan tangan dan cendramata sejak tahun 2015. Asosiasi Pelaku UMKM Kabupaten Sikka (AKUSIKKA) dibentuk di bawah pengawasan KADIN Kabupaten Sikka sebagai lembaga yang bergerak dalam seni kerajinan tangan dan cendramata. Mereka memproduksi berbagai souvenir seperti topi, dompet, sarung, selendang, asesoris tenun, camilan, dan produk khas Flores. Produksi dilakukan oleh beberapa pengrajin skala kecil yang tergabung dalam lembaga ini. Galeri AKUSIKKA di Kecamatan Alok, Kota Maumere, merupakan pusat penjualan berbagai kerajinan tangan, seperti tenun ikat, selendang, gelang, dompet, tas, topi, dan kain tenun sarung. Namun, AKUSIKKA menghadapi keterbatasan dalam akses informasi dan pemasaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi e-Commerce untuk pemasaran produk UMKM mereka. Solusi yang diusulkan adalah aplikasi B'Pung Lapak, yang memungkinkan transaksi antara penjual dan pembeli, distribusi barang, dan komunikasi antar anggota komunitas. Aplikasi ini juga akan menyediakan informasi produk, layanan pembayaran, dan bantuan konsumen. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM AKUSIKKA dalam seni kerajinan tangan dan cendramata.References
Apprilisda Ranica Putri, Devi Maria Saadah, Iis Nurkamillah, Silven Yonathan, Sucya Sri Yuliana, & Ricky Firmansyah. (2023). Peran E-commerce Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan UMKM Salaut Di Universitas Teknologi Digital. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 01–16. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.181
Fauza, N., Erningsih, E., Carolina, M., Wira Abhyasa Oeli, D., Martha Murni, E., Saragih, G., Harianja, K. M., Adam Sulistiowati, N., Wati, S. W., Prawira, N. N., & Sandra, C. U. (2022). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing di Masa New Normal. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 2(3), 115–122. https://doi.org/10.31258/cers.2.3.115-122
Indah Wahyu Putri, F., & Surianto, M. A. (2022). Strategi Mengelola Hubungan Pelanggan Pada Kajian Business To Business PT Wakabe Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.501
Monde, A. (n.d.). IBW PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM PERTANIAN TERPADU DALAM MENDUKUNG KEMANDIRIAN DESA DI KECAMATAN SINIU KABUPATEN PARIGI MOUTONG.
Nadhiroh Islamiah, U., Wahyuning Laily, D., studi Agribisnis, P., Pertanian, F., & Timur, J. (2023). Socialization of Digital Marketing in Community Empowerment Efforts for Coffee MSME Players in Puspo Village. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 1(3), 127–131. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3
Nurjati, E. (n.d.). PERAN DAN TANTANGAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA AKSELERASI MANAJEMEN RANTAI NILAI PRODUK PERTANIAN The Roles and Challenges of E-Commerce as an Acceleration Medium the Management Value Chain of Agricultural Products. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 105–115. https://doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.105-123
Sariguna, P., Kennedy, J., Intan, V., Kartika, D., & Tobing, S. J. L. (n.d.). DAMPAK FENOMENA E-COMMERCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN KOSMETIK DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2019 >>(Kosong 2 Spasi tunggal, 12 pt).
Sifa, M., & Ramadhani, D. (2021). Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang (Vol. 2, Issue 1).
Wening, N. (2020). PRODUCT INNOVATION STRATEGY IN MEDIATING THE EFFECT OF ETHICAL BEHAVIOUR AND ETHICAL RESPONSIBILITY AND TRUST ON MARKETING PERFORMANCE. In Humanities, Education and Social Sciences (Vol. 2, Issue 1).
Yazid Bustomi, M., Rohaeni, N., Aryanto, D., Tinggi Pertanian Kutai Timur JlSoekarno-Hatta, S., Utara, S., Timur, K., Timur, K., & Artikel, I. (n.d.). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Digital Terhadap Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Kutai Timur. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agustinus Lambertus Suban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










