PENDAMPINGAN IBU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.39582Keywords:
Stimulasi. Perkembangan psikososial, Anak Pra SekolahAbstract
Perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah meliputi kemampuan mereka untuk mengambil inisiatif dalam menyelesaikan masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Kemampuan ini dapat berkembang secara maksimal jika didukung dengan rangsangan atau dukungan dari orang tua. Sayangnya, banyak orang tua yang belum menyadari bahwa salah satu peran mereka adalah merangsang perkembangan psikososial anak. Hasil observasi di Paud Uku Telu, Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, menunjukkan bahwa 45% anak kurang mandiri, cemas, kurang percaya diri, pesimis, dan takut melakukan kesalahan. Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat meningkatkan risiko gangguan psikologis. Oleh karena itu, kegiatan pendampingan dilakukan kepada 28 ibu yang memiliki anak di Paud Uku Telu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menstimulasi perkembangan psikososial anak agar sesuai dengan tahapannya. Setiap ibu terlebih dahulu diberikan pre-test untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan mereka dalam merangsang perkembangan psikososial anak, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan berupa edukasi dan latihan stimulasi perkembangan psikososial. Edukasi dilakukan melalui ceramah, tanya jawab, dan simulasi, dan diakhiri dengan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa edukasi dan simulasi diterima dengan baik, terbukti dari peningkatan yang signifikan pada hasil pre-test, di mana hanya 46% ibu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik, meningkat menjadi 82%. Pendampingan melalui edukasi dan latihan role play perkembangan anak sangat penting untuk membantu orang tua dalam mendukung anak mencapai perkembangan yang optimal.References
Ekaningtyas Drajati. (2020). Metode Guru Dalam Meningkatkan Psikososial Perkembangan Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 10–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Hasniah. (2020). Relationship of Health Education with Family Ability in Stimulation of Toddler Psychosocial Development in Aceh Besar. Idea Nursing Journal, XI (3), 48–55. https://jurnal.usk.ac.id/
Isy Royhanaty, S. T. W. (2021). Peran Orang Tua Dalam Stimulasi Perkembangan Anak Balita. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan Stikes Widya Husada, 10(2), 45–4. https://journal.uwhs.ac.id/index.php/jitk/article/view/226
Lestari et al. (2019) Kemampuan Orangtua Dalam Melakukan Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. In Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa (Vol. 2, Issue 3).
Livana PH. (2018). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah di Taman Kanak-Kanak Kota Kendal. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1
Nancye, P. (2021). Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. https://doi.org/https://doi.org/10.47560/pengabmas.v2i2.302
Ramadia et al. (2021) Pengetahuan Orangtua Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Berhubungan Dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Todler. JKJ: Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9.
Suprihatiningsih, T., & Maryanti, D. (2019). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Tentang Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah Dalam Upaya Mencegah Terjadinya Gangguan Jiwa Pada Anak di Pos Paud Flamboyan Viii Desa Karangsari. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad: Vol. I (Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mintje M.Nendisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.