MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA SEKOLAH DI PERUMAHAN BUMI MANDALA 2

Authors

  • Febri Giantara Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Novi Yanti Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Kusdani Kusdani Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Bainar Bainar Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru
  • Mursal Mursal Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.971

Keywords:

Minat Baca, Anak Usia Sekolah, PAR

Abstract

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia pada tahun 2019 berdasarkan data UNESCO merupakan sebuah permasalahan yang harus dipecahkan secara bersama-sama. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar minat baca masyarakat Indonesia meningkat adalah dengan menumbuhkan minat baca anak usia sekolah. Sejalan dengan data pernyataan UNESCO permasalahan yang ditemukan di lapangan, pertama tidak terdapatnya perpustakaan masyarakat di perumahan Bumi Mandala 2 Desa Kualu Kabupaten Kampar, kedua anak-anak usia sekolah lebih memilih untuk berkumpul-kumpul dengan teman sebaya untuk bercerita dan ketiga anak-anak usia sekolah lebih banyak bermain untuk mengisi waktu luang. Oleh sebab itu perlu adanya usaha untuk meningkatkan minat baca anak usia sekolah di Perumahan Bumi Mandala 2 Desa Kualu Kabupaten Kampar melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Metode Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan minat baca anak usia sekolah dikarenakan faktor proses pembelajaran dilakukan di rumah selama pandemi virus corona.

Author Biographies

Febri Giantara, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Novi Yanti, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Kusdani Kusdani, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Bainar Bainar, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Mursal Mursal, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Diniyah Pekanbaru

References

Cordina, L. T. (2020). Ha! Minat Baca Indonesia Terendah Kedua di Dunia, Kok Bisa? Retrieved September 24, 2020, from https://www.genpi.co/berita/33356/ha-minat-baca-indonesia-terendah-kedua-di-dunia-kok-bisa

Forsman, H. (2017). Foster carers’ experiences of a paired reading literacy intervention with looked-after children. Child & Family Social Work, 22(1), 409–418. https://doi.org/10.1111/cfs.12258

Kasiyun, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SEBAGAI SARANA UNTUK MENCERDASKAN BANGSA. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295

Maharani, O. D. (2017). MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Muktiono, J. D. (2003). Aku cinta buku: menumbuhkan minat baca pada anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindoo.

Nafisah, A. (2016). ARTI PENTING PERPUSTAKAAN BAGI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2). https://doi.org/10.21043/LIBRARIA.V2I2.1248

Rahma, & Maulidia, N. (2015). Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 763–769. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862/378

Reason, P., & Bradbury, H. (2001). Handbook of action research: Participative inquiry and practice. New York: SAGE Publications.

Sumitra, J. I. P. ;, & Sumini, A. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 115–110. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120

Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Anuva, 1(1), 19. https://doi.org/10.14710/anuva.1.1.19-32

Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER). JKTP, 2(1), 45–52. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Giantara, F., Yanti, N., Kusdani, K., Bainar, B., & Mursal, M. (2020). MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA SEKOLAH DI PERUMAHAN BUMI MANDALA 2. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 265–270. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.971