MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA SEKOLAH DI PERUMAHAN BUMI MANDALA 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.971Keywords:
Minat Baca, Anak Usia Sekolah, PARAbstract
Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia pada tahun 2019 berdasarkan data UNESCO merupakan sebuah permasalahan yang harus dipecahkan secara bersama-sama. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar minat baca masyarakat Indonesia meningkat adalah dengan menumbuhkan minat baca anak usia sekolah. Sejalan dengan data pernyataan UNESCO permasalahan yang ditemukan di lapangan, pertama tidak terdapatnya perpustakaan masyarakat di perumahan Bumi Mandala 2 Desa Kualu Kabupaten Kampar, kedua anak-anak usia sekolah lebih memilih untuk berkumpul-kumpul dengan teman sebaya untuk bercerita dan ketiga anak-anak usia sekolah lebih banyak bermain untuk mengisi waktu luang. Oleh sebab itu perlu adanya usaha untuk meningkatkan minat baca anak usia sekolah di Perumahan Bumi Mandala 2 Desa Kualu Kabupaten Kampar melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Metode Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan minat baca anak usia sekolah dikarenakan faktor proses pembelajaran dilakukan di rumah selama pandemi virus corona.References
Cordina, L. T. (2020). Ha! Minat Baca Indonesia Terendah Kedua di Dunia, Kok Bisa? Retrieved September 24, 2020, from https://www.genpi.co/berita/33356/ha-minat-baca-indonesia-terendah-kedua-di-dunia-kok-bisa
Forsman, H. (2017). Foster carers’ experiences of a paired reading literacy intervention with looked-after children. Child & Family Social Work, 22(1), 409–418. https://doi.org/10.1111/cfs.12258
Kasiyun, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SEBAGAI SARANA UNTUK MENCERDASKAN BANGSA. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295
Maharani, O. D. (2017). MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Muktiono, J. D. (2003). Aku cinta buku: menumbuhkan minat baca pada anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindoo.
Nafisah, A. (2016). ARTI PENTING PERPUSTAKAAN BAGI UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 2(2). https://doi.org/10.21043/LIBRARIA.V2I2.1248
Rahma, & Maulidia, N. (2015). Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 763–769. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/862/378
Reason, P., & Bradbury, H. (2001). Handbook of action research: Participative inquiry and practice. New York: SAGE Publications.
Sumitra, J. I. P. ;, & Sumini, A. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 115–110. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.115-120
Suwanto, S. A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Anuva, 1(1), 19. https://doi.org/10.14710/anuva.1.1.19-32
Umroh, N. S., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2019). MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER). JKTP, 2(1), 45–52. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index