PERCONTOHAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOOS) PADA JALAN PENDIDIKAN

Authors

  • Chitra Utary Universitas Musamus
  • Dewi Sriastuti Nababan Universitas Musamus
  • Siti Nur Indah Sari Universitas Musamus

Keywords:

Zona Selamat Sekolah (ZOSS), Fasilitas Jalan, Rambu-Rambu.

Abstract

Zona Selamat Sekolah (ZOSS) merupakan Salah satu upaya yang diberikan pemerintah pada anak-anak sekolah adalah dengan menerapkan fasilitas yang menunjang akan keselamatan bagi penyeberang jalan. Jalan Pendidikan merupakan jalan yang banyak dilalui kendaraan karena terdapat beberapa sekolah pada jalan tersebut diantaranya SMP Negeri 1 Merauke dan Taman Kanak-Kanak Pembina Merauke. Pada jalan menuju sekolah tersebut belum lengkap adanya fasilitas penunjang keselamatan bagi pengguna jalan baik berupa rambu-rambu lalu lintas dan pelengkap jalan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kawasan sekolah tersebut. Tujuan dilakukannya kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman guru-guru dan siswa  tentang Zona Selamat Sekolah (ZOSS)  dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini yaitu sosialisasi dan pelaksanaan penerapan Zona Selamat Sekolah (ZOSS). Dalam tahap ini,  dilakukan pemberian materi terkait Zona Selamat Sekolah berdasarkan hasil penelitian dan peraturan-peraturan yang berlaku. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan bersama mitra yaitu Dinas Perhubungan, Guru-guru SMP N 1 Merauke dan juga mahasiswa. selanjutnya membuat percontohan penerapan Zona Selamat Sekolah (ZOSS) dengan membuat beberapa item rambu-rambu Zona Selamat Sekolah (ZOSS).

References

Kementerian Perhubungan. (2018). SK.3582_.AJ_.403_.DRJD_.2018-sudah_.pdf (p. 70).

Kordelia, C. D. K. C. D., & Armizoprades, A. (2022). Assesment Implementasi Sk Dirjen Perhubungan Darat No. 3582/Aj. 403/Drjd/2018 Tentang Pedoman Teknis Zona Selamat Sekolah. Journal of Scientech Research and Development, 4(2), 287–300.

Sari, N. M., & Novia, A. (2015). Tinjauan Kecepatan Kendaran Pada Wilayah Zona Selamat Sekolah (Zoss) Di Kota Padang.

Utary, C., Nabahan, D. S., Budianto, E., & Sari, S. N. I. (2022). Planning of School Safety Zone (Zoss) On The Education Road Of Merauke Regency. MATEC Web of Conferences, 372, 7004.

Utary, C., Riwu, D. W. D., & Pratiwi, A. (2019). Identifikasi Ketersediaan Perlengkapan Jalan Raya. Musamus Journal of Civil Engineering, 2(01), 34–38.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Utary, C., Nababan, D. S. ., & Sari, S. N. I. . (2023). PERCONTOHAN ZONA SELAMAT SEKOLAH (ZOOS) PADA JALAN PENDIDIKAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13103