PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS DIGITAL PADA UMKM BUSANA MUSLIM DI KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Rezka Arina Universitas Negeri Malang
  • Sucipto Sucipto Universitas Negeri Malang
  • M. Ishaq Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3948

Keywords:

pendampingan, pemasaran, digital, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu sektor yang paling terdampak akibat adanya Covid-19, pelaku UMKM kehilangan hampir 50% omzet penjualannya. Cara untuk bertahan menghadapi hal tersebut adalah dengan berinovasi melalui digitalisasi penjualan. Namun, tidak sedikit para pelaku UMKM ini masih belum melek   teknologi, sehingga untuk melakukan digitalisasi pemasaran membutuhkan waktu guna belajar dan membiasakan diri. Berdasarkan hal tersebut, tim pelaksana pengabdian masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) memberikan solusi untuk membantu para pelaku UMKM busana muslim di Gresik dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan yang semakin hari kian merosot. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif yang mana ini melibatkan mitra kerja mulai dari penentuan prioritas masalah yang akan ditangani terlebih dahulu, pengumpulan data profil UMKM, pelatihan pemasaran digital, dan perancangan pembuatan website gallery online, instagram, dan facebook. Gambaran IPTEK yang akan dilaksanakan meliputi empat tahapan, antara lain: analisis kebutuhan, persiapan, pelaksana program, dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan terbentuknya website gallery online di tiga UMKM, terlatihnya pengelola UMKM untuk memanfaatkan teknologi pemasaran digital, peningkatan produktivitas UMKM, dan adanya peningkatan omzet penjualan produk busana muslim.

References

Aini, E. K., Nurlaily, F., & Asmoro, P. S. (2019). A Study Of Modest Fashion Smes’ Business Performance: The Moderating Role Of Business Model Innovation. Eurasia: Economics & Business, 20(2), 125–133. https://doi.org/10.18551/econeurasia.2019-02.13

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gunardi, G., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2020). The Strategy Of Small And Medium Enterprises (Smes) In Upgrading Social Media Marketing To Content Marketing. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 10(1), 15–34. https://doi.org/10.34010/jurisma.v10i1.2339

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Hamzah, M. D. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 11.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid – 19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.

Herwiyanti, E., Pinasti, M., & Puspasari, N. (2022). Buku Riset UMKM: Pendekatan Multiperspektif. Dee Publish.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 152–159.

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 4(1), 122–127.

Sari, R. P., & Asad, N. (2018). Barrier in Design Innovation of Fashion Business: Evidence from Indonesian Moslem Fashion SME. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(1), 69–79. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i1.14653

Saura, J. R., Ribeiro-Soriano, D., & Palacios-Marqués, D. (2021). Setting B2B digital marketing in artificial intelligence-based CRMs: A review and directions for future research. Industrial Marketing Management, 98, 161–178. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2021.08.006

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Digitalization Of Micro, Small & Medium Enterprises (MSMEs) In East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), 34–43.

Wahyudi, S. T. (2017). The Development Of Small And Medium Scale Enterprises (SME’s) In East Java: A Shift-Share Analysis. 3(2), 6.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Arina, R., Sucipto, S., & Ishaq, M. (2022). PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS DIGITAL PADA UMKM BUSANA MUSLIM DI KABUPATEN GRESIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 511–518. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3948

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.