SOSIALISASI PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMK YOGYAKARTA

Authors

  • Putri Ayu Cahyani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amanah Amanah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mia Awaliyah Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38604

Keywords:

Karya Ilmiah, Menulis, Sosialisasi, Siswa SMK

Abstract

Kemampuan menulis karya ilmiah secara akurat dapat digunakan sebagai salah satu cara agar siswa kritis dalam mengatasi berbagai persoalan dan tantangan di sekitarnya. Dengan memiliki keahlian menulis karya ilmiah, seseorang akan mengalami peningkatan pengetahuan, pemahaman, pencapaian, bahkan finansial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk medeskripsikan kegiatan sosialisasi penulisan karya ilmiah bagi siswa SMK di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa SMKN 5 Yogyakarta. Hasil yang didapat dari kegiatan sosialisasi ini adalah pemahaman siswa terkait karya ilmiah termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil tes yang dibagikan ke siswa, dapat diketahui bahwa persentase pemahaman siswa terhadap materi sebanyak 80%. Siswa juga menunjukkan rasa antusias dalam mengikuti sosialisasi penulisan karya ilmiah karena materi ini difokuskan untuk menggali potensi siswa dalam memaksimalkan bidang keahliannya.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Gie, T.l. (2002). Terampil Mengarang. Yogjakarta: Andi.

Istova, M., & Hartati, T. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 72–86.

Karim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMK. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1226–1233. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1802

Murni, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tanah Grogot dengan Menggunakan Metode Ceramah. BORNEO Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Provinsi Kalimantan Timur, 52, 141–148.

Pitrianti, S., & Gasanti, R. (2020). 92 | J u r n a l L I T E R A S I Volume 4 | Nomor 2 | Oktober 2020. Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa Sma Terbuka, 4, 92–99.

Rosidi, I. (2009). Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah di SMAN 1 Wanayasa. Communnity Development Journal, 4(1), 51–57.

Downloads

Published

2024-12-06

How to Cite

Cahyani, P. A. ., Amanah, A., & Awaliyah, M. . (2024). SOSIALISASI PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMK YOGYAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11797–11804. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38604

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.