PENGUATAN KEMAMPUAN BAHASA DAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR BERKAH KECAMATAN KORONCONG-PANDEGLANG

Authors

  • Elis Mayasar STKIP Situs Banten
  • Afifah Afifah STKIP Situs Banten
  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38444

Keywords:

Penguatan Kemampuan Bahasa, Literasi Digital, Anak Usia Dini, PAUD

Abstract

Kemampuan bahasa dan literasi digital merupakan aspek penting dalam pendidikan anak usia dini untuk mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan literasi digital anak usia dini di PAUD Mawar Berkah, Kecamatan Koroncong, Pandeglang, melalui pelatihan bagi guru dan orang tua. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan interaktif, pendampingan, serta penggunaan aplikasi dan konten digital yang ramah anak. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan guru serta orang tua dalam mengajarkan literasi bahasa dan digital kepada anak. Anak-anak menunjukkan peningkatan partisipasi dalam kegiatan yang mendukung perkembangan bahasa dan literasi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model yang berkelanjutan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini

References

Hidayat, A. (2022). Pengembangan media flashcard untuk meningkatkan kosa kata bahasa indonesia pada anak usia dini. Journal on Teacher education, 3(2), 277-289.

Rahayu, M., Hidayat, A. A., & Muharomah, D. R. (2022). Pengembangan Media Apron Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Hidayah. Journal on Teacher Education, 4(2), 1-12.

Asmayawati, A., Jundi, R., Irfan, M., Lilis, L., Hidayat, A., Rahayu, M., & Mubarok, A. (2024). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BERBASIS POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF DAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2523-2529.

Nurhasanah, A., & Indrajit, R. E. (2021). Parenting 4.0: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences. Penerbit Andi.

Adinda, W., Hidayat, A., Cahyaningrat, D., Oktania, S., Alfikri, S. R., Junedi, B., & Mubarok, A. (2024). PENDAMPINGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10778-10782.

Yuniawati, N., Hidayat, A., Mubarok, A., & Rahayu, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Edu Card Gambar Pada Kelompok B Paud Bina Bangsa Islamic School Serang. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 164-174.

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.

Kurniawan, H. (2016). Kreatif mendongeng untuk kecerdasan jamak anak. Prenada Media.

Mufarrohah, F. (2021). Implementasi Metode Bercerita dalam Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA AL-FIRDAUS Desa Malangan Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.

Aisyah, N. (2021). Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, Efektifkah.? metode Pembelajaran Storytelling. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 106-115.

Oktaviana, N. D. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Terpadu Multazam Kabupaten Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran literasi baca tulis dan numerasi pada anak usia dini. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 09-20.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Mayasar, E. ., Afifah, A., & Hidayat, A. . (2024). PENGUATAN KEMAMPUAN BAHASA DAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI DI PAUD MAWAR BERKAH KECAMATAN KORONCONG-PANDEGLANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 12160–12166. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38444

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.