PENDAMPINGAN MAHASISWA, ALUMNI, DAN TOKOH MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT IBU POST PARTUM DALAM PENINGKATAN KUALITAS HIDUP SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3814Keywords:
Covid-19, Pendampingan, Self ManagementAbstract
Kehidupan ibu post partum Madura pada masa pandemi COVID-19 di Desa Dharma Tanjung Madura pada tahun 2021 hampir seluruhnya tidak mau melakukan pemeriksaan kepada petugas kesehatan namun beralih kembali kepada dukun untuk melakukan perawatan bayi dan ibu nifas, dikarenakan kekhawatiran, stress dan takut terjadi penularan COVID-19.Pendampingan oleh orang yang berkompeten seperti mahasiswa keperawatan atau alumni bersama tokoh masyarakat yang dipercaya oleh masyarakat setempat sangatlah diharapkan untuk kebermanfaatan mempertahankan pengetahuan sikap dan perilaku yang selama ini diyakini benar. Keterlibatan ibu nifas dalam Pengabdian kepada masyarakat ini melalui tokoh masyarakat yaitu ibu Nyai (istri dari ketua Masjid) atau ibu lurah, ibu PKK, ibu kader atau lainnya mendatangi ibu nifas yang ada di sekitar mahasiswa/alumni Yarsis untuk memberikan pengetahuan, sikap dan perilaku yang disesuaikan dan dibutuhkan oleh ibu nifas. Pelaksana pengabdian kepada masyarakat mendatangi ibu nifas dari rumah ke rumah dikarenakan pada saat melakukan pengabdian kepada masyarakat pada ibu nifas daerah Jawa Timur PPKM level 4 sehingga ibu nifas tidak dikumpulkan di suatu tempat, namun mahasiswa atau alumni yang tempat tinggalnya dekat dengan ibu nifas itulah yang akan dijadikan sasaran Pengabdian kepada masyarakat. Sebelum pendampingan oleh mahasiswa/alumni bersama tokoh masyarakat hampir seluruhnya (87%) mempunyai self management yang negatif terutama sikap dan perilakunya walaupun tingkat pengetahuannya adalah baik, sedangkan setelah pendampingan didapatkan hasil hampir seluruhnya (95%) mempunyai self management positif baik pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap pemenuhan kebutuhan biologis psikologis, sosial dan spiritual.References
Daniel, J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1), 91-96.
El-Hage, W., Hingray, C., Lemogne, C., Yrondi, A., Brunault, P., Bienvenu, T.,. Aouizerate, B. (2020). Health professionals facing the coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic: What are the mental health risks? [Les professionnels de santé face à la pandémie de la maladie à coronavirus (COVID-19) : quels risques pour leur santé mentale ?]. L'Encephale, S0013-7006(0020)30076-30072. https://doi.org/10.1016/j.encep.2020.04.008
Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi : Kepribadian Manusia Ed.1. Yogyakarta : Andi.
Kamariyah, N. (2019). Eferktifitas Pemberdayaan Kader “Rapid†Terhadap Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu Post Partum Dan Anak Di Keluarahan Wonokromo Surabaya. Journal of Health Sciences, 12(02), 115–124
Mackey, L. M., Doody, C., Werner, E. L., & Fullen, B. (2016). Self-management skills in chronic disease management: what role does health literacy have?. Medical Decision Making, 36(6), 741-759.
Downloads
Published
Versions
- 2022-07-25 (2)
- 2022-02-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Kamariyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.