OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PENDIDIK DI ERA VUCA

Authors

  • Farah Indrawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Leny Hartati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38019

Keywords:

Pendidikan Karakter, Literasi Digital, dan Era VUCA

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Optimalisasi Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Pendidik di Era VUCA” di SMPN 2 Gunung Kaler Banten ini, bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kompetensi dan keterampilan pendidik, sehingga pendidik mampu menguatkan pendidikan karakter peserta didik melalui peningkatan kemampuan literasi digital. Permasalahan yang terdapat di SMPN 2 Gunung Kaler adalah pendidik belum dapat meningkatkan serta mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam menguatkan pendidikan karakter peserta didik, terutama melalui peningkatan kemampuan literasi digital. Permasalahan lainnya diketahui juga bahwa lembaga pendidikan terkait belum dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi serta keterampilan pendidik dan peserta didik sepenuhnya. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidik SMPN 2 Gunung Kaler menyadari bahwa peningkatan serta pengembangan kompetensi dan keterampilan secara terpadu harus terus dilakukan, terutama dalam rangka menciptakan sumber daya manusia unggul dan bermutu tinggi yang berkarakter melalui kemampuan literasi digital.

References

Apriansyah, Muhammad, Adi., Dwi, Fitria, Sari., Natasya, Nurfaiza, Zuriatti., Rossa, Meparinda., Delima. (2023). Technology Education for Children in the Vuca EraTechnology Education for Children in the Vuca Era. doi: 10.61994/cpbs.v2i1.36

Bahri, S. (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi EraBercirikan VUCA. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 37–51.

Farid, Sugiarto., Ahmad, Miftah. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603

Hukubun, Mariana, Ditboya., Wakhudin, Wakhudin., Rachma, Putri, Kasimbara. (2024). Character Education in the Digital Age: Strategies for Teaching Moral and Ethical Values to a Generation that Grows Up with Technology. 1(3):74-82. doi: 10.62872/8958fk80

Panthalookaran, Varghese. (2022). Education in a VUCA-driven World: Salient Features of an Entrepreneurial Pedagogy. Higher education for the future, 9(2):234-249. doi: 10.1177/23476311221108808

Prabandari, Rr, C, Siska, Wuri., Happy, Fitria., Darwin, Effendi. (2024). The Effect of Digital Literacy and Character Education on Increasing the Quality of Learning. Journal of Social Work and Science Education, 5(2):612-623. doi: 10.52690/jswse.v5i2.798

Sari, Dwi, Novita., Amrin, Soamole., Prasastiara, Eka, Marsella. (2024). Preparing student's competencies to face the challenges of the vuca (volatility, uncertainty, compexity, ambiguity) era. Journal of Development Economics and Digitalization Tourism Economics, 1(3):181-190. doi: 10.59407/jdedte.v1i3.926

Yulia, Rahmi., Nofia, Henita., Ricky, Gustiawan., Yeni, Erita. (2022). Efforts to Strengthen Character Education for Elementary School Students by Utilizing Digital Literacy in Era 4.0. 1(6):240-249. doi: 10.56778/jdlde.v1i6.39

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Indrawati, F. ., & Hartati, L. . (2024). OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PENDIDIK DI ERA VUCA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 11584–11589. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38019

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.