OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PENDIDIK DI ERA VUCA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38019Keywords:
Pendidikan Karakter, Literasi Digital, dan Era VUCAAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Optimalisasi Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Pendidik di Era VUCA” di SMPN 2 Gunung Kaler Banten ini, bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kompetensi dan keterampilan pendidik, sehingga pendidik mampu menguatkan pendidikan karakter peserta didik melalui peningkatan kemampuan literasi digital. Permasalahan yang terdapat di SMPN 2 Gunung Kaler adalah pendidik belum dapat meningkatkan serta mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam menguatkan pendidikan karakter peserta didik, terutama melalui peningkatan kemampuan literasi digital. Permasalahan lainnya diketahui juga bahwa lembaga pendidikan terkait belum dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi serta keterampilan pendidik dan peserta didik sepenuhnya. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidik SMPN 2 Gunung Kaler menyadari bahwa peningkatan serta pengembangan kompetensi dan keterampilan secara terpadu harus terus dilakukan, terutama dalam rangka menciptakan sumber daya manusia unggul dan bermutu tinggi yang berkarakter melalui kemampuan literasi digital.References
Apriansyah, Muhammad, Adi., Dwi, Fitria, Sari., Natasya, Nurfaiza, Zuriatti., Rossa, Meparinda., Delima. (2023). Technology Education for Children in the Vuca EraTechnology Education for Children in the Vuca Era. doi: 10.61994/cpbs.v2i1.36
Bahri, S. (2022). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi EraBercirikan VUCA. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 37–51.
Farid, Sugiarto., Ahmad, Miftah. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603
Hukubun, Mariana, Ditboya., Wakhudin, Wakhudin., Rachma, Putri, Kasimbara. (2024). Character Education in the Digital Age: Strategies for Teaching Moral and Ethical Values to a Generation that Grows Up with Technology. 1(3):74-82. doi: 10.62872/8958fk80
Panthalookaran, Varghese. (2022). Education in a VUCA-driven World: Salient Features of an Entrepreneurial Pedagogy. Higher education for the future, 9(2):234-249. doi: 10.1177/23476311221108808
Prabandari, Rr, C, Siska, Wuri., Happy, Fitria., Darwin, Effendi. (2024). The Effect of Digital Literacy and Character Education on Increasing the Quality of Learning. Journal of Social Work and Science Education, 5(2):612-623. doi: 10.52690/jswse.v5i2.798
Sari, Dwi, Novita., Amrin, Soamole., Prasastiara, Eka, Marsella. (2024). Preparing student's competencies to face the challenges of the vuca (volatility, uncertainty, compexity, ambiguity) era. Journal of Development Economics and Digitalization Tourism Economics, 1(3):181-190. doi: 10.59407/jdedte.v1i3.926
Yulia, Rahmi., Nofia, Henita., Ricky, Gustiawan., Yeni, Erita. (2022). Efforts to Strengthen Character Education for Elementary School Students by Utilizing Digital Literacy in Era 4.0. 1(6):240-249. doi: 10.56778/jdlde.v1i6.39
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farah Indrawati, Leny Hartati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










