SOSIALISASI PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UKM SARI BAKERY DI ERA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Deni Amelia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Elva Susanti Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3614

Keywords:

UKM, Sosial Media

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan  upaya            untuk   membangkitkan kesadaraan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat diperlukan karena masyarakat merupakan subjek pembangunan yang bertanggungjawab untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya secara mandiri. Kegiatan digitalisasi UKM merupakan salah satu alternatif dalam memulihkan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19. Pemanfaatan penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor pendorong bagi UKM untuk dapat meningkatkan penjualan dan dapat bersaing di dunia digital. Sosial media merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan pelaku UKM secara murah, gratis, dan jangkauannnya luas. Penggunaan media sosial pada UKM memberikan manfaat diantaranya sebagai sarana kontak personal dengan konsumen, bermanfaat sebagai sarana promosi/advertising, mendata kebutuhan konsumen, menyampaikan respon ke konsumen, dan sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Disamping itu, media sosial juga bermanfaat sebagai forum diskusi online, memantau pelanggan secara online, survey pelanggan, mendata kebutuhan penyalur, mendata kebutuhan pemasok serta untuk menampilkan galeri produk (Priambada, 2015). UKM sangat berkontribusi bagi perekonomian Indonesia dan perekonomian daerah khususnya. Berdasarkan kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan pada UKM Sari Bakery dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sosial media merupakan strategi pemasaran digital yang bisa digunakan oleh UKM dalam upaya mempertahankan serta meningkatkan penjualan di era pandemi Covid-19.

References

Hadiyati, E. 2008. Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen

Gajayana.

Maulana, Y. 2017.http://swa.co.id/swa/csr-corner/.

http://swa.co.id/:http://swa.co.id/swa/csrcorner/yuswohady-ukm-harusmanfaatkanperkembangandigital

Meisari, Dewi & Hidayah, Isniati. 2018. Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang

Berperan Besar. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia

Pacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.

Paulus, E & Lestari, L, I. 2012. Still Life. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo

Priambada, Swasta. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil

Menengah (UKM). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Purwarna, Dedy; Rahmi; Aditya, Shandy. 2017. Pemanfaatan digital marketing bagi

usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kelurahan malaka sari, duren sawit.

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani.

Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan

Bersaing UKM di Indonesia.

Downloads

Published

2022-02-25 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Amelia, D. ., & Susanti, E. . (2022). SOSIALISASI PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UKM SARI BAKERY DI ERA PANDEMI COVID 19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 238–241. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3614 (Original work published February 25, 2022)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.