PELATIHAN PEMBUATAN VIDIO INTERAKTIF VISUAL DAN VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS FILMORA DALAM RANGKA OPTIMALISASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MENUJU KURIKULUM MERDEKA BAGI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) GUGUS 1 KRIO PANTING KECAMATAN PAYUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35448Keywords:
Pelatihan, Pembuatan Vidio Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, KKGAbstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan terhadap pengembangan media pembelajaran yang interaktif sehingga dapat memfasilitasi gaya belajar peserta didik pada implementasi kurikulum merdeka. Pengabdian ini penting dilakukan untuk membekali kelompok kerja guru (KKG) Gugus 1 Krio Panting Kecamatan Payung dalam mengembangkan media pembelajaran interktif sehingga dapat menunjang proses pembelajaran di kelas. Kegitan pengadian ini dissambut baik oleh para guru, peserta kegaiatan sangat antusias dalam mengikuti kegaitan yang dilaksanakan. 100% guru belum pernah menggunakan Filmora dan sejenisnya dalam pembelajaran namun setelah mendapatkan pelatihan 80% guru tertarik membuat media pembelajaran berbasis filmora dalam pembelajaran. Hal ini didukung oleh pengetahuan guru setelah mengikuti pelatihan, 99% persen peserta memahami fitur-fitur pada aplikasi Microsoft powerpoint, google slides, canva, quiziz dan filmora. 96% peserta berpendapat bahwa Microsoft powerpoint, google slides, canva, quiziz dan filmora mudah digunakan. 99% peserta tertarik menggunakan Microsoft powerpoint, google slides, canva, quiziz dan filmora dalam proses pembelajaranReferences
Daga, A. T. (2005). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 7(3),1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Nurjanah., Yurdayanti., Fitri.A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Materi Biografi Singkat K.H. Ahmad Dahlan Sebagai Penguatan Nilai Karakter Kemuhammadiyahan. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman. 12(1), 15–37. 10.24269/muaddib.v12i1.4653
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 0(0), 228–236.
Ritonga, M. (2018). Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period. Bina Gogik. 5(2),1–15.
Sari, V. N., Utami, F. H., Sartika, D., & Zulfiandri, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Proses Belajar Mengajar Pasca Pandemi. 1(2), 63–66.
Silvio. J. N., Yurdayanti. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Berbasis Canva Untuk Guru Sdn 14 Koba Kabupaten Bangka Tengah. Community Development Journal. 12(1), 15–37.
Yurdayanti, Eva Y, Fihara U, Aliyah T, Shahmalia S, Rizan S. (2023). Pelatihan Pembuatan Video Presentasi Berbasis Canva untuk Guru di SD Negeri 8 Pemali Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3), 301–309. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2464
Yurdayanti, Nuraini, Afriani, Ayu P, Dea A, Dea G, Elisa A, Nia NS, Offie IR, Umi K, Zhien ZO. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembalajaran IPA SDN 14 Mendo Barat. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2), 227–235.
Yurdayanti & Nurjanah. (2023). Pengembangan Majalah Keberagaman Budaya (MAGADA) Berbasis Kearifan Lokal Bangka Belitung Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri Pangkalpinang. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(2), 192–209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yurdayanti Yurdayanti, Silvio Juliana Nabela, Yudistira Bagus Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.