PERAN PENGAWAS PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16334Keywords:
Peran Pengawas PAI, Merdeka BelajarAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pendekatan dalam pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa peran Pengawas PAI dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Mengevaluasi efektivitas bimbingan teknis yang diberikan oleh Pengawas PAI kepada guru-guru PAI dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum PAI yang efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam pebelitian ini deskriptif naratif untuk memberikan fleksibilitas dalam menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang kompleks. Hasil penelitian, Pengawas PAI memiliki peran penting dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran PAI. Mereka dapat memberikan bimbingan teknis kepada sekolah terkait implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran PAI. Pengawas PAI juga dapat mengadakan pelatihan bagi guru-guru PAI untuk membantu mereka memahami konsep dan tujuan Kurikulum Merdeka serta memberikan pedoman dalam mengembangkan kurikulum PAI yang sesuai. Implementasi penguatan pendidikan karakter mengarah pada pembentukan budaya sekolah yang religius, nasionalis, mandiri disiplin gotong royong dan integritas nilai-nilai itu melandasi prilaku, tradisi kebiasaan kesehariaan, dan simbol-simbol yang dipraktekan oleh semua warga sekolah. Sekolah mengembangkan proses pendidikan karakter melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan bekerja sama dengan keluarga dan masyarakat dalam pengembangannya. Peran pengawas PAI dalam pemantauan, evaluasi, dan dukungan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan sangat penting. Dengan peran aktif ini, diharapkan pendidikan agama Islam di Kecamatan Sungai Tabuk dapat berkembang dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Rekomendasi. PAI, sekolah dapat mengimplementasikan pendekatan ini dalam kurikulum mereka. Kepada KKG PAI agar melakukan peningkatan kualitas pembelajaran PAI, dengan memanfaatkan temuan penelitian, sekolah dapat melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap kualitas pembelajaran PAI secara keseluruhan. Lakukan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan sebagai sarana untuk berkolaborasi dan melakukan pertukaran pengetahuan antar sekolah, guru.References
Achmadi, A., dan Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Maslow.A,H.(1970). Motivation and Personality.New York: Harper & Row Publisher.
Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama No. 31 Tahun 2013
Kepmendikbudristek Nomor 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Tutty Rossa Rochayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.