STRATEGI INOVASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA KERIPIK KELASAN MAK ALEN DESA TALANG NANGKA

Authors

  • Muhammad Dimas Putra Wiranto Universitas Indo Global Mandiri
  • Muhammad Irfan Wardhana Universitas Indo Global Mandiri
  • Intan Nurlaila Universitas Indo Global Mandiri
  • Nabila Choiriya Universitas Indo Global Mandiri
  • Permaisuri Permaisuri Universitas Indo Global Mandiri
  • Roswaty Roswaty Universitas Indo Global Mandiri
  • Lily Syafitri Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34942

Keywords:

UMKM, Singkong, Desa Talang Nangka, Strategi Pemasaran

Abstract

Desa Talang Nangka, yang terletak di kecamatan lembak, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan. Desa tersebut memiliki Perkebunan Singkong yang sangat melimpah yang dimanfaatkan warga sebagai UMKM salah satunya usaha Kelasaan Mak Alen. Penelitian ini mengeskploriasi strategi inovasi pemasaran dengan fokus pada penyalahgunaan kemasan dan metode Analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi usaha. Meliputi pengembangan kemasan yang menarik dan pemasaran digital yang ditargetkan. Penelitian ini diharapkan dapat menunjukan bahwa inovasi kemasan dan pemahaman mendalam terhadap faktor SWOT adalah kunci untuk meningkatkan daya saing dan volume penjualan usaha di pasar lokal.

References

Arifudin, Opan, Udin Wahrudin, Fenny Damayanti Rusmana, dan Rahman Tanjung. 2020. “Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat.” Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):371–81.

Nugroho, Tesalonika Devvany, Nanda Putri Widianti, Karina Sanggraeini, Vincentia Stephani, Elvira Aprilia Primastika, Fitri Erliya Wati, Dio Bhakti, Zulfa Fayza Budiono, Dhian Satria, dan Yudha Kartika. 2024. “Strategi Brand Awareness Melalui Pembuatan Logo dan Pemasaran Digital pada Mursi Collection di Desa Mojowangi Kabupaten Jombang.” Pengabdian Masyarakat Terapan 1(3):58–67.

Nur Ahmas, Ahmad Almaududi, Sutrisno, dan Ina Ratnasari. 2022. “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(1):124–28. doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7625.

Putri, Dellya. 2024. “Strategi Inovasi Produk Dari Biji Kopi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Berdasarkan Teori SWOT di Coffee Shop Tovi Kohi di Kota Bandung.” teknologi digiital 6681(7):1419–25.

Ramadhan, Rizqi Putra, Ovin Liviana Bela, dan Hendra Dwi Prasetyo. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni Kriukzz.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 15(1):277–81. doi: 10.46306/jbbe.v15i1.153.

Sholicha, Nikmatus, dan Renny Oktafia. 2021. “Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7(2). doi: 10.29040/jiei.v7i2.2286.

Syahrun, Muhammad. 2021. “Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Batu Cetak.” Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo 7(2):142–52. doi: 10.35906/jep.v7i2.879.

Syifa, Yahya Ibnu, Mustika Kurnia Wardani, Sani Dewi Rakhmawati, dan Firstya Evi Dianastiti. 2021. “Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19.” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 2(1):6–13. doi: 10.31002/abdipraja.v2i1.3602.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Wiranto, M. D. P. ., Wardhana, M. I. ., Nurlaila, I. ., Choiriya, N. ., Permaisuri, P., Roswaty, R., & Syafitri, L. . (2024). STRATEGI INOVASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA KERIPIK KELASAN MAK ALEN DESA TALANG NANGKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 8944–8951. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34942