PENDAMPINGAN PEMBUATAN E-LKPD BERBASIS WIZER.ME BAGI MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR PROGRAM STUDI PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.34235Keywords:
Pendampingan, E-LKPD, wizer.me, Asistensi Mengajar, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi digital baik pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Asistensi Mengajar dalam merancang pembelajaran inovatif, sebagai Upaya dalam memenuhi kompetensi pendidik Abad 21. Selain itu, Mahasiswa yang terlibat dalam asistensi mengajar perlu dibekali dengan kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis digital, salah satunya melalui E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik). Platform Wizer.Me dipilih karena kemudahan penggunaannya dalam membuat LKPD yang interaktif, menarik, dan mudah diakses. Metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Subjek kegiatan ini adalah Mahasiswa asistensi mengajar Program Studi PGSD. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memiliki pengetahuan merancang E-LKPD serta memiliki ketrampilan dalam merancang E-LKPD yang interaktif berbasis aplikasi wizer.me. Hasil pendampingan tersebut terlihat dari evaluasi kegiatan yang menunjukkan bahwa pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan adalah 93% dan tingkat keterampilan peserta dalam merancang E-LKPD berbasis wizer.me lebih dari 93%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pendampingan perancangan model pembelajaran inovatif berjalan dengan sukses dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.References
Aini, N., & Suryowati, E. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN WIZER.ME DI SDN DARUREJO I PELANDAAN JOMBANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14967
Aslamiah, A., Cinantya, C., & Rafianti, W. R. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru–guru Sekolah Dasar di Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 143. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6520
Ayuditiasni Dewi, N., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS WEBISTE WIZER.ME MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.995
Cinantya, C., & Maimunah. (2020). Bimbingan Teknis Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Bagi Guru di Sekolah Dasar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3).
Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Dewi, N. R., Rusilowati, A., Saptono, S., & Haryani, S. (2022). PROJECT-BASED SCAFFOLDING TPACK MODEL TO IMPROVE LEARNING DESIGN ABILITY AND TPACK OF PRE-SERVICE SCIENCE TEACHER. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.38566
Dionchi, P. H. P., Gumilar, H. S., Zahro, S. L., Mutmainah, E., & Apriyadi, D. W. (2022). Peran mahasiswa asistensi mengajar Pendidikan Sosiologi dalam kegiatan akademik mata pelajaran Sosiologi di SMAN 3 Kota Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(7). https://doi.org/10.17977/um063v2i7p646-655
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN WIZER.ME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL. PUAN INDONESIA, 4(2). https://doi.org/10.37296/jpi.v4i2.133
Indriani, S., Nuryadi, Marhaeni, N. H., & Kurniati, R. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Kaliappen, N., Ismail, W. N. A., Ghani, A. B. A., & Sulisworo, D. (2021). Wizer.Me and socrative as innovative teaching method tools: Integrating tpack and social learning theory. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3). https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I3.21744
Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4). https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4031
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1).
Max, A. L., Lukas, S., & Weitzel, H. (2022). The relationship between self-assessment and performance in learning TPACK: Are self-assessments a good way to support preservice teachers’ learning? Journal of Computer Assisted Learning, 38(4). https://doi.org/10.1111/jcal.12674
Mayasari, M., Hamidah, A., & Subagyo, A. (2023). Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) Assisted by Wizer.Me on Gastropods Sub Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3453
Mispa, R., Prahatama Putra, A., & Zaini, M. (2022). Penggunaan E-Lkpd Berbasis Live Worksheet pada Konsep Protista terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sman 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 2134–2145. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i1.478
Nurbayani. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(2).
Nurhayani, N., Yuanita, S. K. S., Permana, A. I., & Eliza, D. (2021). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Basicedu, 6(1), 179–190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1852
Pertiwi, D. H., & Nurhamidah, D. (2024). PEMANFAATAN MEDIA WESITE WIZER.ME BERBANTUAN CANVA PADA TEKS FABEL DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 22(2). https://doi.org/10.26499/mm.v22i2.6605
Putri, L. A., Inang, I., Hasa, M. F., Saputra, D., & Ohorella, H. M. (2023). Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Program Asistensi Mengajar di SD Inpres 1 Malawei. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 5(2). https://doi.org/10.33506/pjcs.v5i2.2569
Ramadhani, R., & Ritonga, S. A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS Wizer.me MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(1). https://doi.org/10.36294/jmp.v7i1.2653
Restiningtyas, L. N., Sayekti, T., & Maryani, K. (2022). Effectiveness Asistensi Mengajar In Improving Quality Of Learning Through The MBKM Program. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 10(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v10i1.13085
Santoso, B., Muzakki, M., & Fathurrahman, M. T. (2023). Pelaksanaan Kampus Mengajar di Daeah 3T : Program Asistensi Mengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 6(1).
Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220
Schmid, M., Brianza, E., & Petko, D. (2021). Self-reported technological pedagogical content knowledge (TPACK) of pre-service teachers in relation to digital technology use in lesson plans. Computers in Human Behavior, 115. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106586
Sholihah, M., Yuliati, L., & Wartono. (2016). PERANAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN CALON GURU FISIKA DALAM PEMBELAJARAN POST-PACK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian & Pengembangan, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6115
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
Stephen, K., & McTaggart, R. (1990). The Action Research Planner (3rd). Deakin University Press.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Ulin Nuha, I., Abdul Lathief, M., & Yuliati, N. (2020). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember. Jurnal Edukasi, 7(2), 13. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22674
Wulantina, E., Mustika, J., & Annisa, A. (2022). Pendampingan Pendalaman Materi Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMPN 2 Sekampung Udik. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 107. https://doi.org/10.32332/d.v4i2.5318
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3). https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Zein, F. A., & Musyarofah, M. (2024). PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA PEMBELAJARAN IPS. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1). https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3573
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Celia Cinantya, Ahmad Suriansyah, Aslamiah Aslamiah, Rizky Amelia, Ngadimun Ngadimun, Wahdah Refia Rafianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










